Rabu, 06 Juni 2012

Makanan Ini Tingkatkan Mood Anda

JENUH dengan setumpuk pekerjaan rutin harian, ditambah mengalami bad hair day, plus kurang tidur? Menyebalkan sekali rasanya! Tapi tugas dan kewajiban harus diselesaikan? Kuncinya, kudap makanan super yang dapat membantu Anda meningkatkan gairah dan memerbaiki mood.

Saat-saat menyebalkan cenderung membuat kita terbayang akan makanan-makanan enak guna menghibur kepenatan otak. Tapi biasanya yang terbayang adalah makanan-makanan enak yang tak sehat seperti jajanan junk food yang miskin gizi. Daripada tambah bad mood setelahnya karena tak sehat, lebih baik pilih makanan-makanan sehat sekaligus enak.

Penelitian menyatakan, bahwa makanan yang kaya lemak omega-3, asam folat, dan vitamin B12 dapat mengangkat mood seseorang. Berikut adalah daftar makanan penyingkir suasana bad mood yang menyehatkan, sebagaimana dilansir Boldsky.

Cokelat

Baik dark chocolate atau cokelat susu dapat membantu mencerahkan suasana hati kita. Gula dalam cokelat juga meningkatkan tingkat endorfin kita, hormon yang membuat kita bahagia. Meski begitu, kudaplah secukupnya.

Pisang

Konsumsilah pisang ketika Anda merasa sedang lemas dan tak memiliki semangat karena bad mood. Selain memberikan energi, pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Kita tahu bahwa serotonin adalah hormon yang membuat kita ceria.

Susu

Khususnya susu skim, produk susu yang kaya akan triptofan, asam amino yang dibutuhkan otak kita untuk membuat serotonin. Serotonin adalah bahan kimia alami yang membuat kita bahagia dan tenang. Susu juga mengandung antioksidan, vitamin D, dan vitamin B12 yang membantu melawan stres dan penuaan.

Kacang

Kacang kaya akan protein, mineral (terutama selenium), dan lemak omega-3. Kacang juga mengandung vitamin E, dan antioksidan untuk melawan stres. Selain mengangkat suasana hati kita, kacang-kacangan dianggap sebagai "makanan otak" karena kandungan yang tinggi lemak omega-3. Omega-3 membantu meningkatkan aliran darah di otak kita. Makanlah segenggam kacang setiap hari.

Kopi

Kafein mungkin paling populer di dunia sebagai minuman peningkat suasana hati. Tetapi memiliki pro dan kontra. Kopi meningkatkan energi Anda, membuat Anda merasa lebih waspada, dan dapat meningkatkan memori Anda. Namun, kopi terlalu banyak juga dapat merusak tidur Anda dan menyebabkan kecemasan. Jadi, bijaklah mengonsumsi kopi untuk kebaikan kesehatan Anda.

Semoga bermanfaat ....



sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda