Sabtu, 12 Mei 2012

Olahraga Terbaik Agar Lemak Anda Berkurang

Menjalani pola diet sehat dan olahraga rutin menjadi kunci utama langsing tanpa menyakiti tubuh. Di tengah ragam pilihan olahraga, berenang bisa menjadi pilihan terbaik untuk pembakaran kalori secara maksimal.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menyebut bahwa putaran santai di kolam renang mampu membakar 476 kalori per jam. Agar mendapat hasil maksimal, berikut sejumlah tips, seperti dikutip laman Health.com.

1. Ritme cepat
Ini bukan berarti Anda harus ngebut sepanjang olahraga. Kombinasikan ritme, misalnya satu putaran renang cepat, lalu satu putaran santai, dua putaran cepat, lalu dua putaran selanjutnya renang santai. Anda juga dapat membagi latihan menjadi empat hingga enam bagian dengan sekali putaran cepat di akhir segmen.

2. Atur tahapan
Bagi putaran-putaran Anda menjadi beberapa segmen yang terdiri dari satu putaran, dua putaran, empat putaran, enam putaran, empat putaran, dua putaran, dan satu putaran. Beri jeda istirahat selama tak lebih dari 30 detik di antara tiap segmen.

3. Sedikit istirahat

Jangan terlalu sering istirahat di setiap satu sesi putaran. Usahakan hanya beristirahat selama sekitar 10 detik setiap sesi, sebelum melanjutkan putaran berikutnya. Jika lelah, lebih baik tetap berenang dengan ritme santai.

4. Alat bantu
Gunakan mainan saat berenang seperti papan, pedal tangan, atau pelampung. Selain membakar kalori, berenang dengan alat-alat ini juga dapat membantu pembentukan otot lengan dan kaki.

5. Jaga detak jantung
Untuk menjaga detak jantung, berhenti setiap sepuluh atau 15 putaran dan periksa denyut Anda selama enam detik. Dengan cara ini, perempuan dengan berat badan 74 kilogram dapat membakar 680 kalori per jam.


Semoga bermanfaat ....



sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda