Jumat, 18 Mei 2012

Ini Dia Alasan Mengapa Alam Indonesia Timur Paling Indah

Saat ini, primadona wisata Indonesia dipegang oleh Indonesia timur, seperti Papua. Banyak turis datang untuk menikmati keasrian alamnya, terutama di bawah laut. Ada alasannya, kenapa Indonesia timur begitu eksotis.
Tidak ada yang meragukan keindahan alam Indonesia bagian Timur, bahkan turis mancanegara pun datang karena terpikat pesonanya. Salah satu contoh adalah Kepulauan Raja Ampat.

Kepulauan di Provinsi Papua Barat itu memang memiliki alam yang begitu indah. Di daratan, Anda bisa melihat keunikan flora dan faunannya, seperti burung cendrawasih yang endemik Papua. Udara di sana juga masih bersih, bebas polusi,

Turun ke laut lebih menakjubkan lagi, ada banyak terumbu karang yang masih hidup dan terawat dengan baik. Ikan beraneka warna juga menjadikan laut Papua dan wilayah Indonesia timur lainnya sebagai rumah mereka.

Jika menyelam, turis juga bisa bertemu dengan hiu karang dan ikan pari yang bebas berenang di laut Indonesia Timur. Inilah keanggunan alam yang menarik banyak wisatawan domestik maupun mancanegara untuk datang ke Indonesia.

Lalu muncul bertubi-tubi pertanyaan, sebenarnya ada apa dengan Indonesia timur? Mengapa alamnya begitu menawan? Apa rahasia di balik semua itu?

Menurut Ketua Program Pasca Sarjana Ilmu Kelautan IPB, Dr Ir Nevianty P Zamani, ada beberapa faktor yang membuat alam Indonesia timur begitu indah. Yang pertama adalah, faktor penduduk yang sedikit sehingga alam masih terjaga.

"Keindahan alam suatu daerah itu bisa terjadi karena faktor kepadatan penduduk. Alam bawah laut Indonesia timur seperti Papua memang paling eksotis, karena daerahnya yang tidak begitu padat, jadi pencemaran belum banyak terjadi," jelas Nevi saat bincang santai dengan detikTravel di Cafe Serongge, Jl Utan Kayu 68H, Jakarta Timur, Selasa (8/5/2012).

Selain itu, jika dilihat dari segi keilmiahan, flora dan fauna di Indonesia bagian timur mengalami evolusi yang paling beragam dibanding bagian barat. Ini yang membuat makhluk hidup di sana begitu khas.

"Terumbu karang di timur juga bagus, selain memang evolusi tadi, Indonesia bagian barat jauh lebih berkembang wilayahnya, ini yang membuat alam di sana tidak sebagus timur," tambah Nevi.

Semoga bermanfaat .....


sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda