Kamis, 31 Mei 2012

Hindari Makanan Ini Saat Liburan

SAAT libur, kegiatan paling menyenangkan adalah wisata kuliner. Tapi ada beberapa makanan yang harus diwaspadai demi menjaga vitalitas tubuh.

"Agar tetap fit dan tak mudah sakit. Saat libur batasi makanan-makanan yang tak biasa diterima oleh tubuh dan tertib jadwal makan. Khususnya bagi yang perutnya sensitif," ujar Dr. Handrawan Nadesul, saat dihubungi Okezone melalui telepon genggamnya, Rabu (16/5/2012).

Pada dasarnya, lanjut Handrawan, penyakit timbul karena adanya perubahan. Salah satunya perubahan asupan makanan. Berikut jenis-jenis makanan yang asupannya harus dibatasi:

- Makanan dengan bumbu-bumbu tidak biasa
"Misalnya Anda berlibur ke daerah yang masakannya didominasi bumbu rempah-rempah khas daerahnya yang belum tentu cocok dicerna dalam perut Anda karena tidak terbiasa, umumnya jadi diare," jelas pakar kesehatan yang sering menjadi pembicara di sejumlah seminar dalam dan luar negeri ini.

- Makanan mentah

"Hati-hati juga dengan makanan-makanan mentah seperti rujak, karedok, atau juga gado-gado. Kalau wisata kuliner banyak yang suka memilih kudapan di pinggir jalan, makanan mentahnya takutnya kurang bersih. Cara penyajiannya juga banyak dipegang tangan. Jadi lebih berisiko sakit perut. Lebih baik pilih makanan yang dimasak seperti sop, soto, atau nasi goreng," katanya.

- Makanan bersantan

"Hati-hati menyantap makanan bersantan, karena jumlah koleterol jahat dalam tubuh akan meningkat," tegasnya.

Semoga bermanfaat ....






sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda