Rabu, 09 Mei 2012

Awas, Kurang Tidur Berisiko Stroke!

Hati-hati bila Anda sering bergadang. Sebuah penelitian mengungkapkan kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian tim ahli Chicago Medical School, Amerika Serikat, menemukan bahwa orang dewasa yang tidur kurang dari enam jam pada malam hari secara signifikan memiliki risiko yang besar terserang stroke, serangan jantung, dan gagal jantung kongestif.


Studi ini melibatkan 3.019 pasien yang berumur lebih dari 45 tahun sebagai partisipan National Health and Nutrition Examination Survey, survei tentang kesehatan rumah tangga Amerika Serikat. Analisis menunjukkan, orang yang sedikit waktu tidurnya ternyata dua kali lebih besar terkena stroke atau serangan jantung dan 1,6 kali lebih besar mengalami gagal jantung kongestif.

Sebaliknya, seperti dilansir Times of India, Jumat, 30 Maret 2012 lalu, tidur lebih dari delapan jam juga meningkatkan risiko dua kali lebih banyak terkena angina (nyeri dada akibat berkurangnya darah yang mengalir ke otot jantung) dan 1,1 kali risiko terkena penyakit arteri koroner (penyempitan pembuluh darah arteri di jantung).

Berdasarkan temuan tersebut, Kepala Kardiologi dan Guru Besar Kedokteran Chicago Medical School Rohit R. Arora menegaskan, “Tidur selama 6-8 jam setiap hari memberikan risiko terendah pada penyakit kardiovaskuler dalam jangka panjang."

Semoga bermanfaat ....



0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda