Sabtu, 03 Maret 2012

Kenali Gejala Fisik Orang Depresi (I)

SEGALA permasalahan hidup rentan membuat orang menjadi depresi. Tak hanya mengganggu kesehatan mental, depresi pun dapat mengganggu kesehatan organ-organ tubuh lainnya.

Berikut gejala-gejala yang dapat Anda lihat untuk mengenali tanda-tanda seseorang mengalami depresi sebagaimana dipaparkan Medicinenet, Minggu (26/2/2012).

1) Masalah Tidur
Depresi adalah penyakit mental, tetapi dapat mempengaruhi tubuh Anda serta pikiran Anda. Masalah tidur, misalnya, bisa jadi merupakan gejala depresi.

Susah tidur atau justru terlalu banyak tidur umum ditemui pada orang yang mengalami depresi.

2) Lelah, letih, lesu
Jika Anda merasa begitu letih sehingga Anda tidak memiliki energi untuk menjalankan tugas sehari-hari , bahkan di saat Anda tidur atau banyak beristirahat, hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami depresi.

Depresi dan kelelahan adalah dua hal yang berkaitan. Menurut sebuah penelitian, orang yang mengalami depresi empat kali lebih mungkin untuk merasakan lelah yang tidak dapat dijelaskan, dan orang yang menderita kelelahan hampir tiga kali lebih mungkin untuk mengalami depresi. Depresi dan kelelahan sama-sama cenderung membuat kedua kondisi tampaknya lebih buruk.

3) Nyeri Otot
Rasa nyeri dan depresi juga sangat erat kaitannya. Hidup dengan rasa nyeri yang kronis juga dapat meningkatkan risiko depresi. Depresi itu sendiri juga dapat menyebabkan rasa sakit karena dua kondisi berbagi utusan kimia di otak. Bahkan, orang yang mengalami depresi tiga kali lebih mungkin untuk mengembangkan rasa sakit kronis.

4) Nyeri Dada
Sakit dada dapat menjadi tanda dari masalah jantung atau paru-paru. Jika Anda mengalami sakit dada, datang ke dokter untuk menyingkirkan penyebab yang serius.
Tapi kadang-kadang nyeri dada dapat menjadi tanda depresi. Ada juga hubungan antara depresi dan penyakit jantung. Depresi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Plus, orang yang pernah mengalami serangan jantung lebih mungkin menjadi depresi.

5) Masalah Pencernaan
Otak kita dan sistem pencernaan sangat terhubung, itulah sebabnya mengapa banyak dari kita mendapatkan sakit perut atau mual saat kita stres atau cemas. Depresi dapat membuat masalah pada usus juga, menyebabkan gangguan pencernaan seperti gejala mual, diare, dan sembelit.

Semoga bermanfaat ....


sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda