Minggu, 04 Maret 2012

Ini Dia Penyebab Insomnia!

INSOMNIA adalah masalah yang sangat sering terjadi. Gangguan ini  menyerang satu dari tiga orang dewasa sesekali dalam hidupnya.

Penderita mungkin mengalami kesulitan untuk tertidur atau mengeluh kurang tidur karena sering terbangun.

Berikut adalah musuh-musuh tidur atau penyebab tidur mendapatkan masalah yang diulas Dr. Mirriam Stoppard dalam bukunya "Panduan Kesehatan Keluarga":



1) Stres
Jika kita mengalami stres, produksi adrenalin meningkat, memperkuat kewaspadaan, dan membuat tidur sulit.

2) Depresi

Merasa muram bisa memengaruhi kadar hormon, dan siklus tidur Non-Rapid Eye Movement (NREM) dan Rapid Eye Movement (REM) seringkali tidak seimbang.

3) Benci
Merasa dengki atau merencanakan suatu balas dendam dapat membuat Anda tidak bisa tidur. Rumuskan jawaban untuk bos tukang kritik esok pagi saja.

4) Kafein
Kopi memiliki efek akumulatif dalam sistem dan ada kafein tersembunyi dalam minuman bersoda dan cokelat.

5) Kebiasaan Buruk
Merokok dan minum alkohol berlebihan menimbulkan insomnia dan mengurangi kualitas tidur. Perokok akan tidur kurang lelap dibandingkan orang yang tidak merokok. Rokok meningkatkan frekuensi denyut jantung, tekanan darah, dan kadar adrenalin, sehingga mengganggu tidur. Alkohol merusak hormon pengatur tidur.

6) Kelainan medis
Apnea tidur menyebabkan seseorang memiliki otot longgar di belakang tenggorokan, yang menimbulkan dengkur dan sumbatan saluran napas saat udara disedot ke dalam. Orang dengan kondisi seperti ini tampak tersedak dan walaupun mereka tidak terbangun sepenuhnya, pola tidurnya terganggu.

7) Kelenjar tiroid yang terlalu aktif
Hal tersebut akan menghasilkan hormon (tiroksin) yang terlalu banyak, gejala kelainan ini mungkin insomnia. Makanan yang membantu mengatur aktifitas tiroid antara lain kembang kol dan brokoli. (uky)

Semoga bermanfaat ....



sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda