Selasa, 14 Februari 2012

Trik Sederhana Mengalkulasi ROI

Mengalkulasi return on investment (ROI) merupakan satu dari sekian banyak metode perhitungan yang wajib diterapkan dalam bisnis. Penghitungan ROI memungkinkan pebisnis mampu untuk menetapkan jumlah penerimaan dari investasi berupa uang ataupun sumber lainnya.

Menurut penjelasan dari Wikipedia, ROI atau dalam bahasa Indonesia disebuat sebagai laba atas investasi merupakan rasio uang yang diperoleh atau hilang pada suatu investasi. Besar kecilnya ROI relatif terhadap uang yang diinvestasikan dan umumnya dinyatakan dalam bentuk prosentase bukan sistem desimal.

ROI juga dikenal sebagai tingkat laba (rate of profit) atau hasil suatu investasi pada saat ini, masa lampau atau prediksi di masa mendatang. ROI tidak mengindikasikan berapa lama investasi dikelola. Namun demikian, ROI sering dinyatakan dalam satuan tahunan fiskal atau penanggalan.

Bisa disimpulkan, ROI kebanyakaan digunakan oleh sebuah perusahaan untuk membandingkan hasil investasi, yakni berapa yang diperoleh atau berapa yang hilang. Perbandingan tersebut tidaklah mudah bila menggunakan nilai moneter.

Lalu bagaimana mengalkulasi ROI dengan teknik sederhana yang bisa dimengerti orang banyak? Berikut adalah trik mengalkulasi ROI dengan sebuah studi kasus menurut eHow.com.

Dimisalkan perusahaan ABC menginvestasikan Rp1 juta untuk mengkampayekan atau mempromosikan produknya melalui iklan. Dari kampanye iklan itu, perusahaan ABC memeroleh feedback berupa 150 telepon dimana 50 diantaranya tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan. Total penjualan yang diperoleh sebesar Rp5 juta. Nah, persamaan matematika untuk mengalkulasi ROI adalah sebagai berikut:

ROI = (return on investment – initial investment)/invesment x (100)

Petunjuk


  1.     Langkah pertama untuk mengalkulasi ROI adalah dengan menjabarkan return on invesment, dalam studi kasus di atas adalah total penjualan sebesar Rp5 juta.
  2.     Setelah itu, cari tahu berapa besar initial investment. Dalam kasus perusahaan ABC, initial investment itu berupa investasi yang dipakai untuk kampanye iklan yaitu Rp1 juta.
  3.     Sekarang lakukan penghitungan dengan menggunakan rumus yang telah disebutkan di atas. ROI = [(5.000.000 – 1.000.000) : 1.000.000] x 100
  4.     Hasil yang diperoleh adalah 400 dan bila dinyatakan dalam prosentase menjadi 400%. Angka itu memili arti bahwa perusahaan ABC memiliki return on investment sebesar 400 persen.

Semoga bermanfaat ....

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda