Sabtu, 14 Januari 2012

Tip Hadapi Hal Tak Terduga Saat Berlibur

SEMATANG apapun rencana perjalanan atau liburan, pasti ada saja hal-hal yang tak terduga. Namun jangan sampai itu mengganggu liburan Anda.

Berikut, beberapa tip menghadapi situasi tak terduga saat berlibur:

Bagasi hilang
Ketika menyadari bagasi Anda hilang, jangan buang waktu dan segeralah menuju ke kantor klaim bagasi untuk memberikan laporan. Pastikan Anda mendapat copy, laporan mereka dan juga nomor telepon yang dapat dihubungi di kantor tersebut. Sudah merupakan tanggung jawab bagi kantor tersebut atas kehilangan bagasi Anda.

Penerbangan dibatalkan

Daripada membuang waktu untuk mengantri di counter maskapai bersangkutan, lebih baik segera menelepon nomor reservasi maskapai tersebut dan memesan penerbangan berikutnya. Anda juga dapat meminta pertanggungjawaban maskapai untuk mengganti tiket tersebut dengan maskapai lain apabila maskapai Anda sebelumnya tidak tersedia penerbangan selanjutnya.

Tersesat ketika berkeliling kota


Ketika Anda tersadar bahwa Anda sedang tersesat di tempat yang sama sekali tidak diketahui, hal yang pertama dilakukan adalah menenangkan diri dan tidak panik, dan jangan terlalu terlihat seperti 'turis'.

Berpindahlah ke tempat yang aman, dan cek peta Anda. Anda akan menjadi sasaran empuk bagi para kriminal apabila terlihat bingung di tengah-tengah jalan.

Apabila Anda benar-benar tidak dapat menemukan jalan yang benar, tanya kepada pelayan restoran terdekat atau kantor polisi.

Sakit ketika sedang liburan

Apabila ketika jatuh sakit Anda sedang berada di kamar hotel, mintalah bantuan kepada resepsionis atau room service untuk memberikan obat-obatan yang dibutuhkan. Anda juga dapat meminta tolong untuk dipanggilkan dokter lokal. Apabila Anda dalam keadaan cukup parah dan membutuhkan perawatan lanjutan, mintalah untuk memanggilkan taksi atau ambulans.

Sebelum pergi, cek apakah asuransi kesehatan Anda dapat mengcover pengobatan di luar kota atau luar negeri.

Ketika memasuki kamar hotel

Sebelum mengeluarkan barang-barang, cek terlebih dahulu keseluruhan kamar, seperti apakah pendingin ruangan beroperasi dengan baik, kamar mandi masih bersih, dan televisi berfungsi dengan baik.

Mintalah kamar yang jauh dari lift. gunakan tisu steril untuk membersihkan remote control, dan juga telepon.

Mengunjungi tempat wisata bersejarah

Anda dapat bertanya kepada staff tempat tersebut, di mana daya tarik utama dari tempat wisata itu. Mereka pasti akan menyarankan cara-cara efektif untuk melihat tempat-tempat atau artefak yang penting. Waktu paling tepat untuk mengunjungi tempat-tempat wisata bersejarah umumnya pada saat makan siang, ketika tidak terlalu ramai.

Semoga bermanfaat ....


sumber: okezone

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda