Selasa, 24 Januari 2012

Persiapan Pindah Rumah

Pindah rumah merupakan hal wajar yang bisa dilakukan. Biasanya, mereka yang pindah rumah adalah pasangan yang baru saja menikah.
Jika Anda memang berniat untuk pindah tempat tinggal dalam waktu dekat, sebaiknya Anda mempersiapkan hal-hal apa saja yang sekira diperlukan untuk pindahan.

Berikut merupakan beberapa cara cerdas sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda meninggalkan tempat tinggal lama, seperti dikutip laman AOL Real Estate, Rabu (21/12/2011):

1. Rencanakan kepindahan.
Ada baiknya jika Anda mempersiapkan kepindahan Anda sekira satu bulan sebelumnya. Dengan begitu Anda bisa menghemat biaya pindahan. Alasannya sederhana, oleh karena Anda telah merencanakan pindah lebih cepat, maka selanjutnya Anda bisa mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi.

Misalnya, harus meminta bantuan kepada siapa untuk urusan pengepakkan, dan harus diapakan barang-barang jika tidak ingin dibawa ke rumah baru.

2. Sortir barang yang diperlukan.
Untuk pindah ke rumah baru, Anda disarankan untuk tidak perlu membawa semua barang dari rumah lama Anda. Untuk itu, ada baiknya sebelum mengepak barang, Anda sortir barang yang sekira diperlukan di rumah baru.

Anda bisa menggunakan tiga kategori seperti "Simpan", "Jual", dan "Donasi". Dengan ketiga kategori tersebut, Anda akan lebih mudah untuk menyortir barang mana saja yang ingin disimpan, dijual atau diberikan ke orang lain.

Ingat untuk memberikan label pada setiap kardus atau plastik yang Anda gunakan untuk mengepak barang. Misalnya, Anda bisa menuliskan "Baju Anak 1" atau "Perabot Dapur" guna memudahkan mencari ketika sesampainya Anda di rumah baru.

3. Tentukan cara pindah.
Sebelum semua barang siap untuk dipindahkan, sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu sistem memindahkan barang. Apakah ingin menyewa jasa pindahan, atau hanya menyewa mobil pick up dan meminta bantuan tetangga untuk pindah.

Jika anggaran pindah terbatas, Anda bisa menyewa mobil pick up atau mini container untuk membawa barang Anda. Mintalah bantuan tetangga yang telah setuju membantu Anda sebelumnya. Kalau diperlukan, bawa mereka ke rumah baru Anda untuk membantu menurunkan barang-barang.

Kalau Anda memilih jasa pindahan, pastikan dari perusahaan bisa dipercaya dan profesional, tetapi mungkin Anda akan dikenakan biaya yang sedikit lebih mahal lantaran biasanya mereka  juga menawarkan pelayanan packing dan bongkar barang sesampainya di rumah baru.

Semoga bermanfaat ....


sumber: Okezone

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda