Jumat, 27 Januari 2012

Beberapa Penyebab Bau Mulut

BAU mulut menjadi kendala utama yang dimiliki setiap orang. Pasalnya, Anda jadi tidak enak melakukan apapun, seperti mengonsumsi makanan, minum, maupun menyikat gigi.

     Untuk mengatasinya, Anda bisa mencegahnya. Berikut ini tanda-tanda penyebab mulut Anda bau, seperti dilansir dari buku berjudul "Cegah Sejak Dini" karya Prof Dr Zubairi Djoerban SpDP-KHOM.

Tembakau

Mengunyah tembakau menyebabkan bau mulut, baik karena tembakaunya sendiri maupun akibat iritasi mukosa.

Merokok


Perokok hampir selalu napasnya bau. Merokok meningkatkan kadar CO2 dan mengurangi kadar oksigen yang memudahkan bakteri berkembang. Jadi selain menyebabkan adiksi, kanker, dan berbagai kelainan di paru dan jantung, merokok juga menyebabkan napas bau.

Kelainan hidung dan telinga

Napas bau dapat disebabkan oleh radang sinus (sinusitis) atau radang selaput hidung ataupun radang telinga tengah.

Diabetes melitus/kencing manis


Sebagian besar orang dengan kencing manis menderita napas bau, khususnya untuk yang tidak menjaga kebersihan mulut. Penyebabnya antara lain peningkatan kadar gula di mulut dan seringnya timbul sariawan ataupun lidah kotor. Bakteri mulut pada penderita diabetes tumbuh lebih cepat.

Demam panas

Pasien dengan panas, sering kali disertai napas bau, misalnya pada demam tifoid, AIDS, dan tuberkulosis.

Pasien Bed-ridden

Pasien yang berbaring lama akibat stroke dengan kelumpuhan misalnya, sering kali mengalami napas bau karena mulut dan lidahnya relatif kotor dan minum terbatas.

Penyakit esofagus, lambung, dan usus


Gas di lambung yang kadang keluar melalui mulut dapat menyebabkan napas bau. Kondisi ini dapat terjadi akibat kelemahan spinkter, gastritis, koreng lambung atau kanker lambung, TBC usus, koreng usus (ulcerative collitis) serta sindroma malabsorpsi.

Penyakit paru

Pneumonia, abses paru, bronkitis, bronkiektasis, tuberculosis, dan kanker paru dapat menyebabkan napas bau.

Penyakit lever

Hepatitis, sirosis, dan penyakit kandung empedu dapat menyebabkan napas bau.

Pasien psikiatris


Napas bau sering ditemukan pada pasien psikiatri akibat kebersihan mulut yang buruk, makan tidak teratur dan minum kurang banyak.

Semoga bermanfaat ....

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda