Selasa, 04 Januari 2011

Waspadalah! Penipu di Dunia Maya Beraksi Lagi

Penipuan kembali terjadi di dunia maya. Ini sekaligus pesan buat Anda para pegiat dunia maya, agar selalu berhati-hati. Orang yang dianggap suka menipu dan tengah dicari beberapa komunitas online berinisial DA. Info tentang dia telah beredar di Twitter dalam dua hari ini.

Sebuah alamat situs yang beredar di twitter, membuat tulisan khusus berjudul: "Dicari: D****s A******n." Tulisan di blog http://basibanget.com itu meminta agar orang yang mengenal DA agar berbagi pengalaman di kolom komentar. Tujuannya, agar tak ada lagi korban berikutnya.

Sementara pesan untuk DA disebutkan bahwa orang yang suka mengaku-ngaku bekerja di Kedutaan Besar Belgia ini ditunggu untuk memberikan pertanggungjawaban mengenai kaos dan banyak hal lain. Rupanya, menurut tulisan tersebut, DA diduga menyelewengkan uang kaos yang dikumpulkan sebuah komunitas yang akan disumbangkan untuk acara amal.

Dari komentar yang masuk, akhirnya kasus penipuan lain yang dilakukan DA terungkap. Tidak hanya terhadap kelompok blogger, tapi juga di kaskus, dan id-foursquare atau di tempat DA pernah "bergaul". Modus yang digunakan bermacam-macam. Misalnya meminjam uang di bawah Rp 1 juta dengan anggapan bahwa pihak yang dipinjami tak akan menagih karena nilainya cukup kecil.

Ada pula cerita korban lain yang mengatakan, yang bersangkutan meminjam blackberry dan mencoba membobol rekening korban. Cerita lain di Kaskus disebutkan, DA menjual telepon selular, namun ia mengambil uang dari banyak orang meski telepon yang dijual cuma satu.

Menurut beberapa orang yang berkomentar di Twitter dan di blog basibanget.com tadi, DA mulai menghilang ketika ditagih uang pembayaran kaos yang dikumpulkan melalui rekeningnya. Namun ia sempat berkilah bahwa uang tersebut dipakainya untuk membayar biaya rumah sakit, dan setelahnya ia tak bisa dikontak lagi.

Tulisan di basibanget.com juga menyebutkan, DA pernah menggunakan akun @derris_a di Twitter. Tapi setelah kejadian menghilang dari rumah sakit, DA tidak lagi menggunakan akun tersebut dan mempunyai akun lain yaitu @svitk. Sayangnya akun terakhir sudah dihapus atau diganti. Sementara akun facebook-nya adalah http://www.facebook.com/derrisagimaran.

Apakah Anda kenal atau mengetahui keberadaan orang tersebut? Berhati-hatilah. Sebab kejadian seperti ini tidak hanya sekali ini.


Semoga bermanfaat ...

sumber: Tempointeraktif.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda