Sabtu, 18 September 2010

Software Canggih Peramal Kejahatan di Masa Depan


Enak banget ya klo tindak kejahatan yang akan terjadi dapat diketahui sebelumnya. Dengan demikian hal-hal yang tidak diinginkan pun dapat dicegah/dihindari sedini mungkin. Tapi, apakah itu mungkin??
 
Jawabannya, mungkin saja!  Adalah Criminal Reduction Utilising Statistical History (CRUSH), software debutan IBM yang kini sudah digunakan oleh kepolisian Inggris untuk memprediksi kejahatan masa depan, pun aksi pencegahannya. 

Sistem ini mengevaluasi kejadian masa lalu dan sekarang, kemudian menggabungkan informasi dengan berbagai data termasuk kejahatan laporan, briefing intelijen, profil pelaku, bahkan ramalan cuaca. Nah, melalui kumpulan data-data dari kepolisian itulah, software CRUSH akan memprediksi berdasarkan data-data masa lalu dan sekarang. Alhasil akan didapat laporan yang dapat memprediksi kejahatan. 

Data-data tersebut pun tidak hanya berdasarkan jenis kejahatan dan lokasi kejadian saja, tetapi juga berdasarkan waktu seperti jam dan hari-hari tertentu. 

Software CRUSH ini sudah pernah diuji coba di Memphis, Tennesse. Hasilnya, tindak kejahatan secara keseluruhan dapat dikurangi sekitar 31%, sedangkan tindak kejahatan fisik sekitar 15%. Investasi pembuatan software ini sendiri mencapai US$11 miliar.Woww!!!

Akankah negara kita bisa mengikuti jejak negara Inggeris, memiliki angka kejahatan yang rendah karena dibantu dengan alat canggih seperti ini? Kita doa'kan saja deh!   praying 

sumber: http://news.softpedia.com/news/British-Police-Trials-Crime-Predicting-Software-149127.shtml

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda