man-alone-(minthegap)-dalamJakarta, Menopause selama ini identik milik perempuan. Penurunan hasrat dan kemampuan seks seakan tak berlaku pada laki-laki. Padahal menurut ahli, laki-laki pun mengalami menopause.
Istilah menopause memang milik perempuan. Pada laki-laki, istilahnya berubah menjadi Andropause. Ciri-cirinya pun mirip dengan perempuan yang mengalami menopause.
Mulai usia 30 tahun laki-laki akan kehilangan 10 persen jumlah hormon testosteronnya tiap sepuluh tahun. Seperti dikutip dari Fox News, Rabu (16/9/2009) di usia 70 tahun, testosteron laki-laki hanya setengah dari saat usianya masih 20-an.
Berkurangnya jumlah hormon akan mempengaruhi kondisi fisik laki-laki termasuk kemampuan seksualnya. Laki-laki akan mengalami sejumlah emosi negatif seperti depresi, putus asa dan mood yang buruk karena kemampuan seksualnya tak seprima dulu.
Dari segi fisik, rambut serta kondisi tulang yang mulai rapuh akan semakin membuat para laki-laki merasa lemah. hal itu juga mempengaruhi sisi psikologisnya.
Jadi bagi laki-laki, ada baiknya mempersiapkan diri menghadapi Andropause, seperti yang selama ini dilakukan perempuan.

sumber: detikHealth