Hukum rimba mungkin sudah familiar  bagi kita. Secara sederhana, hukum ini menyatakan siapa yang kuat dialah  yang bertahan hidup. Bila ditelisik lebih lanjut, yang kuat dan yang  bertahan adalah merekalah yang memiliki keunggulan di tengah kompetisi  yang ketat (keunggulan kompetitif).
Jika kita terapkan konsep  keunggulan kompetitif ini pada dunia ngeblog, maka kita dapat  melihat bahwa ada blog tertentu yang memperoleh ribuan pembaca loyal  (pelanggan RSS) dan pengunjung dibanding blog lain yang topiknya sama.  Pertanyaan yang layak diajukan adalah mengapa blog tersebut memiliki  keunggulan kompetitif?
Sepanjang yang saya ketahui, setidaknya  blog tersebut memiliki 4 faktor berikut:
1. Memiliki Informasi eksklusif 
Informasi eksklusif artinya informasi  yang hanya didapat blog tersebut (tidak ada di blog lain). Sumbernya  bisa dari wawancara atau kerja sama dengan orang tertentu.
2. Paling Cepat mempublikasikan
Adakalanya informasi tidak bersifat  ekslusif. Yang dilakukan blog bersangkutan adalah mempublikasikan  informasi tersebut secepat mungkin sebelum blog lain mempublikasikannya.
3. Memiliki konten original dan  bermutu
Kemampuan menghasilkan konten original  dan bermutu secara konsisten merupakan keunggulan kompetitif. Konten  original umumnya didapat dari riset sendiri, pengalaman sendiri, dan  inovasi.
4. Reputasi yang baik
Walaupun punya informasi eksklusif dan  konten bermutu, kedua faktor tersebut akan rontok bila reputasi blogger  jelek. Orang akan suka membaca dan berkunjung ke blog yang pemiliknya  bereputasi baik, misalnya jujur, tidak pelit ilmu, dan rendah hati.
Itulah 4 faktor keunggulan kompetitif.  Tentunya masih ada faktor lain yang belum saya ketahui. Jika berkenan,  silakan Anda menginformasikannya di bagian komentar.
Sumber: blogodolar.com 

 




0 komentar:
Posting Komentar
Terimakasih atas komentar Anda