Sabtu, 05 Juni 2010

Strategi Ngeblog: 4 Faktor Keunggulan Kompetitif

Hukum rimba mungkin sudah familiar bagi kita. Secara sederhana, hukum ini menyatakan siapa yang kuat dialah yang bertahan hidup. Bila ditelisik lebih lanjut, yang kuat dan yang bertahan adalah merekalah yang memiliki keunggulan di tengah kompetisi yang ketat (keunggulan kompetitif).
Jika kita terapkan konsep keunggulan kompetitif ini pada dunia ngeblog, maka kita dapat melihat bahwa ada blog tertentu yang memperoleh ribuan pembaca loyal (pelanggan RSS) dan pengunjung dibanding blog lain yang topiknya sama. Pertanyaan yang layak diajukan adalah mengapa blog tersebut memiliki keunggulan kompetitif?
Sepanjang yang saya ketahui, setidaknya blog tersebut memiliki 4 faktor berikut:
1. Memiliki Informasi eksklusif
Informasi eksklusif artinya informasi yang hanya didapat blog tersebut (tidak ada di blog lain). Sumbernya bisa dari wawancara atau kerja sama dengan orang tertentu.
2. Paling Cepat mempublikasikan
Adakalanya informasi tidak bersifat ekslusif. Yang dilakukan blog bersangkutan adalah mempublikasikan informasi tersebut secepat mungkin sebelum blog lain mempublikasikannya.
3. Memiliki konten original dan bermutu
Kemampuan menghasilkan konten original dan bermutu secara konsisten merupakan keunggulan kompetitif. Konten original umumnya didapat dari riset sendiri, pengalaman sendiri, dan inovasi.
4. Reputasi yang baik
Walaupun punya informasi eksklusif dan konten bermutu, kedua faktor tersebut akan rontok bila reputasi blogger jelek. Orang akan suka membaca dan berkunjung ke blog yang pemiliknya bereputasi baik, misalnya jujur, tidak pelit ilmu, dan rendah hati.
Itulah 4 faktor keunggulan kompetitif. Tentunya masih ada faktor lain yang belum saya ketahui. Jika berkenan, silakan Anda menginformasikannya di bagian komentar.

Sumber: blogodolar.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda