Sabtu, 05 Juni 2010

Apa Misi dan Visi Blog Anda?

Apakah Anda memiliki keinginan mendapatkan uang dari blog? Jika ya, Anda tentunya sudah menetapkan strategi untuk mencapainya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Anda sering bingung mau menulis apa, tidak fokus pada program yang diikuti, dan tidak tahu mau seperti apa blog Anda dalam 2-3 tahun mendatang. Hal ini karena Anda tidak menetapkan visi dan misi blog Anda, atau sudah menetapkannya namun belum jelas.
Mengapa misi dan visi penting bagi sebuah blog? Di bawah ini adalah alasan utamanya disertai dengan beberapa contoh misi dari beberapa blogger sukses dunia.

Pentingnya Misi dan Visi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, misi adalah tugas yg dirasakan orang sebagai suatu kewajiban untuk melakukannya demi agama, ideologi, patriotisme, dan sebagainya. Adapun visi adalah pandangan atau wawasan ke depan. Bila disederhanakan, misi adalah komitmen dari diri sendiri, sementara visi dibilang juga sebagai cita-cita.
Misi dan visi yang baik ditetapkan secara jelas dan menggambarkan seluruh tujuan dari blog itu. Ada yang mengatakan bahwa misi dan visi adalah langkah kedua setelah analisis SWOT.
Mengapa misi penting? Ini karena akan memandu langkah pemilik blog: apa yang harus ia tulis, apa yang tidak harus tulis, di mana dia mencari informasi, jenis promosi apa yang akan digunakan, program apa yang mau diikuti, dan sebagainya.
Sebagai contoh, berikut ini contoh misi dari beberapa blogger dunia:
  • Darren Rowse (Problogger.net): Help you make money blogging
  • John Chow (John Chow.com): Tell people how make money online
  • Brian Clark (Copyblogger.com): Copywriting tips for online marketing success.
  • Steve Pavlina (StevePavlina.com): Personal development for Smart People
  • Yaro Starak (entrepreneurs-journey.com) : Down-to-earth advices and tips for blogger and internet marketers
Mengapa visi penting? Ini karena akan membantu pemilik blog menetapkan target yang beralasan (reasonable) dan juga membantu mau menjadi apa blog tersebut di masa mendatang.

Misi dan Visi Blogodolar

Dua bulan lalu saya sudah metapkan misi dan visi Blogodolar. Namun, misi dan visi tersebut kurang jelas sehingga saya mengubahnya 4 hari lalu sebagai berikut:
Misi Blogodolar:
Berbagi Tips Ngeblog untuk Menginspirasi Anda menjadi Lebih Baik
Visi Blogodolar:
Menjadi salah satu blog otoritas yang membahas tips ngeblog (konten, trafik,SEO, monetisasi, motivasi ngeblog, dan lain-lain)
Apa misi dan visi blog Anda?

Sumber: blogodolar.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda