Sabtu, 05 Juni 2010

5 Hal Pokok yang Perlu Anda Lakukan Ketika Blog Anda Masih Baru

Saya teringat ketika memulai ngeblog di Blogodolar pada Juni tahun lalu. Alexa Rank puluhan juta dan pengunjung 10 orang per hari merupakan kondisi yang tidak mengenakkan sekaligus menjadi tantangan saya waktu itu. Jika Anda berada dalam kondisi seperti itu, saya merekomendasikan Anda untuk melakukan 5 hal pokok berikut. Kelima hal ini berdasarkan pengalaman saya ketika blog ini baru seumur jagung.

1. Tulis postingan yang bermanfaat bagi pengunjung. Definisi bermanfaat ini bisa beragam, bergantung pada topik blog Anda. Sebagai contoh, bila Blog Anda bertopik humor, buatlah postingan yang membuat pengunjung blog Anda tertawa.
Referensi:
2. Buat brand blog Anda. Brand (merk) blog adalah sebuah pesan yang tidak terkatakan. Blog yang memiliki brand bagus akan dengan mudah diingat pembacanya. Misalnya, Blogguebo. Orang akan ingat bahwa blog ini adalah blog yang membahas tips-tips menghasilkan uang lewat blog. Jadi, buatlah brand blog Anda yang unik dan mudah diingat oleh pembaca.

3. Memiliki networking dengan blogger lain. Ketika Anda mulai ngeblog, mungkin Anda tidak banyak mengenal blogger lain. Mulailah berkenalan dengan mereka, misalnya memberikan komentar di blog orang lain, tukaran link, dan sebagainya.

4. Buat postingan tamu untuk blog orang lain. Ini adalah cara yang sangat manjur untuk memperkenalkan blog Anda kepada blogger lain dan menggaet pengunjung baru. Jika blog Anda pengunjungnya 10-20 per hari, mulailah membuat postingan tamu untuk blog setopik yang pengunjungnya 100-200 pengunjung per hari.
Referensi:
5. Bereksperimen dan Evaluasi Hasilnya. Cobalah teknik menulis yang berbeda, menulis jenis postingan berbeda (referensi: 17 Jenis Postingan yang Layak Anda Buat), tiru gaya menulis blogger lain, mencoba SEO, menggaet pengunjung dari situs bookmarking sosial (Lintas Berita, Infogue, Digg, dan lain-lain), berpromosi di situs jejaring sosial (Facebook). Jangan lupa evaluasi hasilnya, sehingga Anda tahu mana yang terbaik bagi blog Anda.

Sumber: blogodolar.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda