Senin, 03 Mei 2010

Kenapa Password Facebook Bisa Dicuri?



Mungkin kamu pernah mendengar temanmu yang password FB-nya dicuri orang. Kenapa bisa demikian? Setidaknya ada 5 hal atau cara yang menyebabkan pasword  bisa diambil alih seseorang (hacker):

Password Mudah Ditebak
Password yang simple dan gampang ditebak seperti tanggal lahir, nama ibu kandung, nama pacar mudah dijebol oleh hacker. Password yang aman seharusnya terdiri dari kombinasi angka, huruf, dan karakter (contoh: r4tih86!).

Lupa Keluar (Logout)
Akibatnya adalah password dan username-mu masih tersimpan dalam cookies browser yang kamu pakai. Jadi ketika seseorang datang dan memakai komputer dan browser yang sama maka maka halaman facebook-mu dalam posisi login. Dengan mudah ia mengganti password dan username alias email facebook-mu.

Berbagi Password
Hindari berbagi password dengan teman atau pacarmu. Bukannya mengajari untuk tidak saling percaya lho! Karena hati dan hubungan kamu dengan dia bisa berubah setiap saat. Ketika terjadi perselisihan, misalnya.

Fake Page (Halaman Tipuan)
Saat membuka browser (misal: Mozilla firefox), biasanya langsung menuju ke sebuah home page yang terlihat seperti halaman awalnya facebook, namun ketika address bar-nya kamu periksa ternyata tercantum sebuah alamat situs yang jelas-jelas bukan dari facebook.com. Jadi sebelum mengisi alamat email maupun password facebook pastikan URL sudah benar tertulis http://www.facebook.com.

Keylogger
Adalah sebuah software yang mampu menyimpan semua kegiatan/ketukan pada keyboard-mu dan mengirimkan kepada hacker yang menginstall aplikasi tersebut. Oleh sebab itu jika kamu ingin aman facebookan, terutama di warnet, sebaiknya gunakan On Screen Keyboard Windows untuk mengetik username dan password. Caranya: dari Start, All Program, Accessories, Accessibility, On Screen Keyboard. Untuk menulisnya klik dengan mouse pada huruf, angka, dan atau karakternya.

Dengan mengetahui hal ini mudah-mudahan kamu bisa lebih waspada dan terhindar dari orang-orang tidak bertanggungjawab. Ingat selalu ke-5 hal di atas ... selamat ber-facebook-ria!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda