Sabtu, 04 Agustus 2012

Inilah Mitos Salah Seputar Kesehatan


Kemajuan teknologi dan informasi dapat meningkatkan pengetahuan dan perilaku masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan seseorang.


Namun kemajuan informasi dan teknologi kesehatan itu ternyata belum mampu menghapuskan mitos kesehatan yang tidak benar yang saat ini masih diyakini masyarakat. Apa saja?

Vegetarian tak cukup mendapat protein

Diet vegetarian memang memiliki kadar protein rendah. Namun hal ini tidak berarti Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan protein tubuh hanya dengan sayuran.

Sebagai pengganti protein, Anda harus melahap makanan jauh lebih bervariasi dengan banyak mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang merah, kedelai, dan kacang tanah.

Bakteri banyak ada di toilet

Jika kejorokan diukur dari berapa banyak bakteri yang ada, maka fakta berikut ini mungkin akan mengejutkan Anda. Berbagai penelitian telah menunjukkan bawah dibanding tenpat cuci piring di dapur Anda, toilet ternyata memiliki jumlah bakteri yang lebih sedikit.

Pada penelitian yang dilakukan di berbagai kantor di New York, Tucson, dan San Fransisco menunjukkan bahwa toilet lebih bersih dibanding telepon, mesin faksimili, dan keyboard.

Antiseptik lebih baik daripada sabun

Mencuci tangan dengan sabun antiseptik memang akan membunuh semua bakteri yang ada di tangan Anda, termasuk bakteri jahat dan bakteri baik. Padahal, mencuci tangan dengan sabun biasa sudah cukup untuk membinasakan bakteri jahat dari tangan Anda.

Walaupun terdengar ilmiah, penggunaan produk antiseptik diketahui menimbulkan resistensi bakteri sehingga mereka tidak mempan lagi dibunuh dengan hanya mencuci tangan biasa.

Banyak keringat, banyak kalori terbuang?

“Itu adalah ilusi. Anda membakar lebih banyak kalori jika Anda berolahraga lebih keras,” kata Liz Neporent, ahli kesehatan dan kebugaran sekaligus juru bicara American Council on Exercise.

Untuk membakar kalori lebih banyak, otot Anda harus mengeluarkan lebih banyak usaha dan jantung Anda harus berdetak lebih cepat.

Bagaimana bila timbangan berkurang setelah sesi berkeringat berjam-jam?

“Awalnya Anda akan menurunkan berat badan ketika Anda berkeringat lebih banyak,” papar Neporent.

Seharusnya Anda berkeringat karena intensitas latihan. Dan tidak perlu mencari tambahan sumber panas eksternal untuk membakar lebih banyak kalori atau mendapatkan peregangan yang lebih dalam.

Keringat dapat hilangkan racun

Sejumlah kecil racun meninggalkan tubuh kita melalui kelenjar keringat, tetapi itu hanya sekitar satu persen dari jumlah total.

Peran utama keringat adalah untuk mengatur suhu tubuh, sementara organ utama yang bertanggung jawab untuk membuang racun adalah saluran pencernaan seperti hati, ginjal, dan paru-paru.


Berolahraga untuk mengeluarkan keringat tentunya bermanfaat bagi tubuh Anda, namun jangan melakukannya semata-mata untuk tujuan 'detoksifikasi' sistem tubuh.

Konsumsi wortel tingkatkan kesehatan mata

Mitos ini sama sekali tidak benar. Namun bukan alasan bagi Anda untuk berhenti mengkonsumsi sayuran terlebih wortel yang kaya akan beta koretan ini. Wortel tetap baik bagi tubuh karena hati akan mengubah beta karoten menjadi vitamin A yang mendukung berbagai tubuh lainnya.

Wortel hanya mampu meningkatkan penglihatan jika Anda menderita penyakit mata karena kekurangan vitamin A. Namun, jika kondisi mata Anda baik-baik saja makan wortel tidak akan membuat penglihatan Anda lebih baik. 

Semoga bermanfaat ....





0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda