Senin, 18 Juni 2012

Tip Memilih Pangan Hewani

Bahan pangan dari hewan (hewani) merupakan produk yang mudah rusak. Proses penanganan dan pengangkutan yang tidak tepat dapat memicu aktivitas bakteri sehingga proses kerusakannya lebih cepat. Inilah tip mengenali bahan pangan hewani yang berkualitas baik menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan RI.

1. Ikan segar
Pilih yang bola matanya cembung, cemerlang, dan kornea bening. Insang berwarna merah tua dan cemerlang. Terdapat lendir alami bening dan tidak lengket yang menutupi permukaan insang serta warna kulit cemerlang

2. Udang
Pilih yang bentuk tubuhnya masih utuh, ikatan di antara ruas kukuh, baunya segar dan spesifik menurut jenisnya, warnanya bercahaya dan bening.

3. Lobster
Lebih baik beli yang masih hidup dengan alat penjepit masih bergerak.

4. Cumi-cumi
Pilih yang berwarna kemerah-merahan di sekitar mata dan tekstur badan kenyal.

5. Kepiting
Beli yang masih hidup, bersih, dan berbau segar, daging berwarna putih, dan mengandung butiran lemak berwarna kuning. Kepiting betina yang bertelur pada bagian ekornya agak lebar dan tumpul.

6. Daging unggas
Pilih yang bersih dan lapisan luarnya kering. Warna daging dan lemak putih kekuningan dengan lemak merata di bawah kulit, bau segar, tidak amis dan tidak asam. Tekstur daging kenyal dan jika ditekan dengan jari akan kembali seperti semula. Daging yang sudah ditiriskan tidak berdarah.

Semoga bermanfaat ....



sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda