Minggu, 24 Juni 2012

Bangkitkan Semangat Kerja dengan Warna

Bekerja dengan penuh gairah dan semangat bisa meningkatkan performa dan produktivitas seseorang. Lalu, bagaimana caranya mendapatkan gairah dan semangat kerja yang besar? Banyak cara bisa dilakukan untuk meningkatkan semangat kerja, salah satunya dengan cara menata ulang ruang kerja dan mengganti suasananya.


Bisa jadi faktor bosan akan rutinitas setiap hari menjadi salah satu faktor yang menurunkan semangat dalam bekerja. Rutinitas yang itu-itu saja dan dilakukan hampir setiap hari memang menjemukan. Anda mungkin tidak bisa mengubah rutinitas tersebut, tetapi Anda bisa mengakali turunnya semangat kerja dengan memberikan warna baru di ruang atau meja kerja Anda.

Menata ulang dan mengganti suasana ruang kerja bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari mengubah tatanan letak barang dan furnitur, mengganti barang-barang dan perabot, menambah aksesori atau bahkan mengubah nuansa warna ruang kerja Anda.

Berdasar teori, warna memiliki pengaruh psikologi terhadap seseorang. Penggunaan warna yang tepat pada ruang kerja dapat menghindarkan Anda dari rasa bosan bekerja. Warna dapat membangkitkan mood dan semangat kerja.

Untuk membangkitkan mood dalam bekerja, dapat digunakan warna-warna yang dinamis. Misalnya penggunaan warna merah dan warna turunannya sebagai aksen pada ruangan. Misalnya, gunakan lukisan berwana dinamis berukuran besar sebagai pengisi dinding ruang. Lukisan ini dapat mengubah suasana ruang kerja dalam waktu singkat.

Yang perlu diingat dalam menata warna pada ruang kerja adalah kombinasi warna tidak boleh terlalu kontras. Penggunaan banyak warna justru dapat menjadikan ruang kerja semrawut. Jika ingin menggunakan aneka warna, terapkan warna-warna yang senada. Hindari menerapkan warna yang sangat kontras dalam proporsi berlebihan. Kombinasi warna yang demikian ini dapat membuat suasana ruang tidak lagi nikmat.

Pemilihan warna yang tidak tepat justru akan menimbulkan suasana hati yang tidak enak bagi Anda sehingga berpengaruh pada semangat dan hasil kerja. Pemilihan warna-warna lembut bisa Anda terapkan dengan untuk memberikan ketenangan dan kesejukan di ruangan Anda.

Semoga bermanfaat .....



sumber

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Masuk akal sekali, warna yang berbeda menghasilkan semangat yang berbeda pula.
Salam kenal gan!

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda