Senin, 21 Mei 2012

Lima Penyakit Paling Rawan Saat Liburan

SAKIT saat liburan tentunya suatu hal yang tidak diinginkan. Karenanya, ada baiknya mewaspadai lima penyakit yang bisa saja terjadi saat liburan.

Berikut paparan Dr. Handrawan Nadesul mengenai lima penyakit paling rawan yang umum dialami saat liburan, yang dikemukakan kepada Okezone melalui telepon genggamnya, Rabu (16/5/2012):

- Diare
"Diare itu travel disease yang paling umum terjadi. Umumnya terjadi akibat kebiasaan saat liburan yaitu mencoba berbagai macam makanan. Atau juga karena asupan makanan tertentu yang tak dibatasi, sehingga tak nyaman di perut. Selain itu karena ada alergi terhadap makanan tertentu," ungkap Handrawan.

- Pegal-pegal
"Saat liburan sering kali orang-orang merasa tak fit, pegal-pegal badannya. Biasanya karena lama diperjalanan," katanya.

- Masuk angin
"Seringkali banyak yang mengalami masuk angin saat liburan. Ini diakibatkan faktor udara yang terlalu dingin jika berliburnya ke daerah pegunungan, atau karena terlambat makan, kurang tidur dan kecapekan," papar dokter yang kini sibuk menjadi pembicara di sejumlah seminar kesehatan ini.

- Flu
"Karena kecapekan, kurang tidur, makan tak teratur, imunitas tubuh turut serta menurun. Jadi lebih mudah terserang virus flu," jelasnya.

- Maag
"Sata liburan maag juga rawan kambuh. Ini terjadi kalau telat makan, atau makanannya tidak cocok. Kalau liburan kan lebih sering nyari-nyari makanan, sehingga kelamaan mencari makanan, jadwal makan jadi telat. Dan belum tentu yang dimakan itu cocok sama kondisi perutnya," pungkasnya.

Semoga bermanfaat .....



sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda