Selasa, 15 Mei 2012

Ini Dia 7 Tempat Mancing Favorit di Indonesia

Memancing mungkin sudah menjadi kegiatan yang biasa bagi sebagian orang. Namun, sensasi berbeda bisa Anda dapatkan saat melemparkan kail di 7 tempat mancing favorit berikut ini.

Bagi penyuka olahraga memancing, pergi ke tengah lautan tidak menjadi masalah asalkan bisa memperoleh ikan yang besar. Namun, tidak semua perairan di Indonesia memiliki ikan besar yang cocok untuk dipancing.

Seperti yang dihimpun detikTravel, Senin (7/5/2012), berikut adalah 7 tempat mancing favorit di Indonesia:

1. Pelabuhan Ratu, Jawa Barat

Kawasan Pelabuhan Ratu sering disebut sebagai tempat memancing dengan infrastruktur terbaik di Indonesia. Di kawasan ini, tersedia penyewaan kapal untuk memancing yang dilengkapi dengan GPS dan fish finder.

Dengan ditemani dengan anak buah kapal (ABK) yang berpengalaman, Anda bisa melempar kail di dua tempat unggulan di sekitarnya, yaitu di Pantai Malimping dan Perairan Binuangeun.

2. Perairan kepulauan Mentawai, Sumatera Barat


Berbeda dengan spot memancing di Pelabuhan Ratu, Perairan di Kepulauan Mentawai belum dilengkapi infrastruktur yang lengkap. Sehingga Anda harus menyewa kapal nelayan untuk bisa sampai ke tengah laut.

Perairan Kepulauan Mentawai tergolong memiliki ikan dengan kategori baik. Banyak ikan-ikan berukuran sedang hingga besar hidup di sini. Namun, Anda harus hati-hati, sebab kadang angin bisa berhembus sangat kencang dan akan menyulitkan Anda.

3. Laut Fak-fak, Papua Barat

Laut Fak-fak merupakan surga untuk memancing ikan tuna di Papua Barat. Laut dengan kedalaman mencapai 1.000 meter ini menyimpan ribuan ikan tuna yang beratnya bisa mencapai 90 kg.

Di sini tersedia banyak resort yang menyewakan kapal untuk memancing lengkap dengan para ABK. Waktu terbaik untuk memancing di Laut Fak-fak adalah pada bulan Nopember.

4. Laut Banda, Maluku

Laut Banda merupakan spot paling favorit di perairan Maluku. Kawasan ini memiliki zona drop off yang menjadi rumah bagi ikan-ikan berukuran jumbo.

Kawasan ini sudah didukung dengan fasilitas yang baik. Tersedia banyak tempat penyewaan kapal dan ABK untuk membantu Anda memancing ke tengah laut.

5. Perairan Pulau Biak, Papua Barat

Selain Laut Fak-fak, perairan Pulau Biak juga menjadi tempat mancing favorit di Papua Barat. Ombaknya yang tenang dan arah angin sering berubah membuat teknik popping, jingging, dan trolling cocok sekali diterapkan di sini.

Pulau Biak juga memiliki banyak resort yang menyediakan kapal untuk memancing. Namun, sepertinya Anda harus reservasi sebelum berangkat karena banyaknya minat para pemancing di sini.

6. Perairan Pulau Weh Sabang, Aceh

Tidak hanya kawasan Indonesia bagian timur saja yang menjadi surga bagi para pemancing. Di Aceh juga terdapat tempat favorit memancing yang terletak di Perairan Pulau Weh Sabang.

Walaupun infrastruktur memancing belum cukup memadai, perairan ini tetap dikunjungi banyak pemancing. Target utama adalah di sekitar karang Pulau Silaku.

7. Perairan Pulau Karimunjawa, Jawa Tengah


Selain menjadi surga penyelaman, Pulau Karimunjawa juga dijadikan spot favorit untuk memancing. Anda bisa mulai melempar mata pancing dari Pulau Karimunjawa hingga ke perairan Jawa Timur.

Di sana terdapat ikan-ikan besar yang sangat cocok untuk melatih ketangkasan Anda dalam memancing, seperti ikan tenggiri, ikan kakap, ikan giant travelly, ikan tuna, dan lain-lain. Sayangnya, di sini belum dilengkapi dengan fasilitas memancing yang memadai.

Memancing ikan untuk menyalurkan hobi memang tidak ada salahnya. Namun, alangkah baiknya jika Anda tetap menjaga kelestarian ekosistem alam bawah laut Indonesia.

Semoga bermanfaat ....

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda