Senin, 07 Mei 2012

10 Vaksin yang Dibutuhkan Anak

Vaksin merupakan bahan antigenik yang diberikan sedini mungkin untuk menghasilkan kekebalan aktif dalam tubuh terhadap suatu penyakit. Vaksin dapat mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi oleh organisme alami penyebab suatu penyakit.

Berikut ini jenis-jenis vaksin yang dibutuhkan atau harus diberikan kepada anak:

1.Vaksin Hepatitis B
Diberikan untuk mencegah infeksi virus Hepatitis B yang dapat menginfeksi hepar atau hati. Diberikan sebanyak 3 kali, pertama setelah lahir, kedua pada umur 1-2 bulan, ketiga pada umur 6-18 bulan.

2.Vaksin DTaP
Diberikan untuk mencegah infeksi virus Difteri, Tetanus, dan Pertusis. Diberikan sebanyak 5 kali. Masing-masing umur 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, 15 sampai 18 bulan, dan 4 sampai 6 tahun. Sebagai penguat juga diberikan pada usia 11 atau 12 kemudian setiap 10 tahun sekali.

3.Vaksin MMR
Diberikan untuk mencegah infeksi tiga virus, yaitu campak, rubella, dan gondok. Vaksinasi pertama diberikan pada umur 12 hingga 15 bulan usia dan sekali lagi pada usia antara 4 dan 6 tahun

4.Vaksin Virus Cacar Air
Diberikan untuk mencegah infeksi virus varicella penyebab cacar air. Diberikan sebanyak dua kali umur 12 sampai 15 bulan dan antara 4 hingga 6 tahun.

5.Vaksin Polio (IPV)
Diberikan untuk mencegah infeksi virus polio penyebab kelumpuhan. Diberikan tiga kali. Pada usia 2 - 4 bulan, antara 6 - 18 bulan, dan usia antara 4-6 tahun

6.Vaksin Influenza (flu)
Diberikan untuk mencegah infeksi virus influenza. Diberikan pada anak usia di atas 6 tahun.

7.Vaksin pneumococcal conjugate (PCV)
Diberikan untuk mencegah infeksi 13 jenis Streptococcus pneumoniae yang dapat menyebabkan meningitis, pneumonia, infeksi telinga, infeksi darah, bahkan kematian.

8.Vaksin Rotavirus (RV)
Diberikan untuk mencegah infeksi rotavirus penyebab diare. Diberikan pada anak usia 2 dan 4 bulan.

9.Vaksin Hepatitis A
Diberikan untuk mencegah infeksi virus Hepatitis A. Diberikan pada anak-anak usia 12 sampai 23 bulan pada umumnya mendapatkan dua dosis dengan interval minimal enam bulan di antara vaksinasi

10.Vaksin Meningokokus conjugate (MCV4)
Diberikan untuk mencegah infeksi virus Meningokokus yang dapat menginfeksi selaput otak dan sumsum tulang belakang. Diberikan pada anak usia 11-12 tahun, dan siapa pun antara usia 2 dan 55 yang memiliki peningkatan risiko infeksi penyakit ini.

Semoga bermanfaat ....


sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda