Sabtu, 28 Januari 2012

Solusi Murah untuk Keamanan Hunian Anda

Keamanan rumah merupakan hal absolut yang harus Anda pertimbangkan. Tidak hanya barang berharga, tetapi juga nyawa si penghuni yang memang harus dijamin keamanannya.
Bedasarkan statistik Crime Clock Federation Bereau of Investigation (FBI), kejahatan properti terjadi setiap 3,2 detik pada 2008. Sementara perampokan bisa terjadi setiap 14,2 detik. Demikian seperti dikutip dari AOL Real Estate, Selasa (13/12/2011).

Meski begitu, instalasi perangkat kemanan seperti kamera pengintai, atau barikade berduri, terbilang cukup mahal dan merepotkan.

Tidak usah khawatir, berikut ini ada solusi murah untuk kemanan hunian Anda. Penasaran, berikut paparannya:

1. Selalu mengunci pintu meski di dalam rumah.
Hal klise semacam ini mungkin terdengar basi bagi telinga Anda, tetapi menurut Founder LifeShield Home Security mengatakan, sebanyak 34 pencuri melancarkan aksinya melalui pintu utama, dan bisa merampok harta di dalam rumah hanya dengan waktu delapan sampai dengan 15 menit. Jadi, pastikan Anda mengunci pintu rumah meskipun tengah berada dalam rumah.

2. Tetap nyalakan lampu.
Rumah dengan penerangan gelap berpotensi mengundang perampok untuk menyambangi rumah Anda. Sebab, perampok akan lebih mudah memasuki rumah berpenerangan gelap. Sedangkan penerangan yang cukup akan memudahkan Anda mengidentifikasi manakala pencuri masuk ke rumah Anda. Pasanglah lampu hemat energi pada tiap soket lampu di rumah Anda, agar aman meski tengah berhemat.

3. Potong rumput dan semak belukar.
Rumput dan semak belukar merupakan tempat persembunyian favorit pencuri. Mereka dengan mudahnya menyembunyikan diri dan senjata mereka di semak-semak, menunggu saat Anda lengah. Oleh karena itu, potonglah rumput dan semak liar pada lansekap, selain rapi, setidaknya bisa menjaga keamanan penghuni rumah.

4. Kamuflase.
Jika Anda sering berpergian dalam waktu lama, usahakan untuk membuat rumah seolah-olah berpenghuni dengan menyalakan beberapa lampu. Kalau kurang yakin, bisa menggunakan beberapa peralatan yang bisa menyiratkan siluet diri Anda jika dilihat dari luar rumah. Atau mungkin Anda bisa meminta tetangga atau satpam untuk selalu mengambil surat kabar langganan Anda. Tujuannya supaya pencuri tertipu, menyangka rumah memang tengah berpenghuni.

5. Beri pengaman pada gerbang dan jendela.
Anda bisa memasang alarm pada gerbang utama dan jendela. Bisa juga dengan instalasi bracket pada pintu dan jendela, Bracket saat ini bisa menjamin keamanan tanpa menghilangkan estetika lantaran banyak variasinya.

6. Waspadai jejaring sosial.

Jejaring sosial bisa menjadi ancaman bagi penghuni rumah yang kerap bekerja di luar kota atau yang sekadar berlibur. Biasanya Anda akan membuat status di mana Anda berada, cukup memberitahukan keluarga, kolega, ataupun sahabat Anda secara langsung melalui nomor kontak yang ada. Pasalnya Anda tidak pernah tahu dari mana sumber kejahatan.

Semoga bermanfaat .....



sumber: okezone

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda