Rabu, 11 Januari 2012

Sembilan Cara Hemat Baterai Ponsel Saat Traveling

Bagi kebanyakan orang, telepon seluler alias ponsel ibarat bagian dari nyawanya hingga tidak terpisahkan kemanapun pergi. Berbagai cara dilakukan agar sebisa mungkin baterai ponsel tidak mudah habis.

Tentu sangat menyebalkan apabila baterai telepon seluler Anda mudah habis saat berada di tengah perjalanan. Ditambah, Anda tidak menemukan listrik untuk mengisi ulang baterai.

Berikut adalah beberapa saran yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai ponsel Anda, seperti dikutip Fodors:

Matikan fungsi getar

Menghidupkan fungsi getar pada ponsel ternyata cepat menghabiskan isi baterai. Jadi agar baterai ponsel awet, matikan fungsi getarnya.

Matikan GPS dan wi-fi

Global Positioning System (GPS) dalam ponsel adalah radio mini yang berkomunikasi dengan satelit untuk mengetahui lokasi Anda. Karena itulah, aplikasi ini dapat menghabiskan baterai. Begitu pula dengan fasilitas wi-fi, jadi matikan apabila tidak diperlukan.

Matikan bluetooth


Seperti GPS, bluetooth juga menggunakan gelombang radio ketika beroperasi. Jadi, matikan perangkat ini untuk menghemat baterai.

Matikan aplikasi yang tidak diperlukan

Aplikasi-aplikasi seperti game, social media, dan lain sebagainya juga memakan banyak energi baterai. Setidaknya, jangan hidupkan semua aplikasi tersebut pada saat bersamaan.

Kurangi resolusi layar ponsel
Semakin terang nyala layar ponsel Anda, semakin besar energi yang dihabiskan. Untuk menghematnya, redupkan layar ponsel Anda.

Dinginkan ponsel

Baterai sangat dipengaruhi oleh panas, dan semakin panas, maka baterai rentan rusak. Hindari ponsel dari panas dengan cara menyimpannya di tas daripada membawanya dalam kantong celana atau baju.

Matikan kunci otomatis

Pastikan layar bebas dari berbagai macam aplikasi, salah satunya adalah mode kunci otomatis. Mematikan kunci otomatis dapat menghemat besar energi baterai Anda.

Matikan mode 3G

Bila mungkin, matikan jaringan 3G Anda dan ubahlah menjadi jaringan 2G. Jaringan 2G memang lebih lambat koneksi internetnya, namun lebih sedikit menghabiskan energi baterai.

Ubah ke mode penerbangan
Secara singkat, untuk menghemat energi baterai ponsel dengan cara cepat adalah mengaktifkan mode penerbangan. Dengan ini, semua GPS, bluetooth, wi-fi, dan jaringan ponsel akan otomatis mati, namun ponsel tetap dapat digunakan untuk bermain game atau mendengarkan musik.

Semoga bermanfaat ....


sumber: okezone

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda