Rabu, 05 Oktober 2011

Tips dan Trik Investasi Emas


Akhir-akhir ini sering diberitakan bahwa emas sedang di buru dimana-mana, bahkan PT.Antam yang biasanya banyak menyediakan stok emas batangan pun kewalahan dan pada akhirnya pembelian emas hanya di batasi untuk 200 nomor antrian saja, dan masing-masing orang dibatasi hanya boleh membeli 2 emas batangan saja. Wajar kalau ternyata emas ini di buru oleh masyarakat, hal ini karena masyarakat sudah banyak yang mengetahui manfaat dalam berinvestasi logam mulia emas ini. Nah, untuk penjelasannya silahkan ikuti terus artikel saya di bawah ini.


1. Harga Kenaikan Emas Berkisar Antara 15%-20% Per Tahun

Nah, ini salah satu keuntungan investasi emas, sejak dulu emas sudah menjadi alat transaksi secara global, atau istilahnya adalah Global Currency. Harga emas setelah di perhatikan trend nya selalu naik dari tahun ke tahun, kenaikan harganya berkisar antara 15-20 persen pertahun (sudah jadi pengetahuan umum).

Memang harga emas juga bisa turun, tapi untuk trend tahunan emas dikatakan selalu memiliki trend naik, jadi jangan sampai uang anda tergerus oleh pencuri yang tidak tampak (inflasi), mengapa saya katakan begitu?, karena inflasi tiap tahun bisa sampai 12%, jadi misalnya anda punya uang 100 juta, maka dalam satu tahun nilai uang anda akan berkurang menjadi 88 juta, jumlah nya tetap, namun nilai nya yang berkurang, jadi sisihkan uang anda ke emas untuk melindungi kekayaan anda dari inflasi, tapi ingat ya, menurut pakar keuangan Ahmad Gozali @ahmadgozali), uang yang kita punya jangan di habiskan semua untuk membeli emas, semua investasi beresiko, tapi memang untuk investasi emas dalam sejarahnya baru turun trend pertahun nya hanya sekali, tahunnya saya lupa, tapi yang jelas setelah penurunan itu harga emas kembali naik lagi tren tahunannya.

2. Tidak Jarang Kenaikan Emas Melebihi Kenaikan Harga Property

Beda nya investasi dengan Property dan Emas adalah terletak pada faktor pendorongnya, ketika kita investasi property (rumah, tanah dsb) harganya bisa juga naik, tapi itu tergantung dari letak dimana property itu berada, bisa saja dalam 1 atau 2 tahun harga property naik sampai 100% atau bahkan 200%, tapi ada juga yang kenaikan harga property hanya mencapai 5% pertahun dalam waktu 10 tahun, itu semua karena harga dari property bergantung pada kondisi property itu (strategis atau tidak). Sedangkan harga emas itu rata-rata kenaikannya antara 15-20 (sudah jadi pengetahuan umum) persen pertahun.Nah, dengan keadaan ini kita bisa manfaatkan kenaikan harga emas yang biasanya lebih besar dari kenaikan harga property, kita bisa menabung uang kita dengan membelikan emas yang nantinya apabila ketika harga nya sudah mencapai harga property itu, kita kemudian bisa beli property itu.

3. Memudahkan Anda Merencanakan Tabungan Untuk Biaya Masa Depan

Jika sekarang anda harus membayar uang pendaftaran kuliah sebanyak 10 juta, apakah di 10 tahun kemudian anda dapat memastikan harga tersebut tetap sama?, pastinya harga tersebut akan naik, karena ada faktor inflasi tadi, dengan menabung dengan emas, biaya yang sekarang 10 juta harganya kurang lebih akan sama nilai nya dengan 10 tahun kemudian. Kuliah naik, maka harga emas juga ikut naik, hal ini karena sifat emas yang Zero Inflation.

4. Keuntungan Menggunakan Emas, Gunakan Untuk Mencicil

Nah, ada lagi nih cara baru untuk memanfaatkan kenaikan harga emas, yaitu kita gunakan kenaikan harga emas untuk mencicil. Simulasi nya sebagai berikut:

  • Ada rumah seharga 400 juta, nah kita sekarang memiliki uang sebanyak 400 juta juga.
  • Bayar DP 20%  x 400 juta = 80 juta
  • Kita beli rumah itu secara KPR selama 10 tahun, nah setelah di total-total harga akhirnya menjadi 450 juta, seperti yang sudah kita ketahui, apabila kita membeli rumah secara kredit harga nya pasti lebih tinggi dari yang seharusnya. Jadi tiap bulan kita harus menyiapkan uang sebesar 3,75 juta untuk membayar KPR itu.
  • Kita Beli emas batangan yang senilai dengan setengah dari harga dari harga rumah tadi, jadi tadi harga awalnya adalah 400 juta, maka setengah dari harganya adalah 200 juta. Dan kemudian kita simpan emas itu selama 7 tahun
  • Karena harga emas mengalami kenaikan harga sebanyak 15-20 persen pertahun, maka dalam waktu 7 tahun diperkirakan nilai emas yang tadinya 200 juta menjadi dua kali lipatnya, dan sekarang jumlahnya menjadi 400 juta. Lalu jual emas itu dan kemudian uangnya bayarkan untuk sisa pelunasan tadi.
  • jadi uang yang anda miliki sekarang dari hasil kenaikan harga emas adalah:

Harga total rumah =  450 juta
Total pengeluaran selama 7 tahun= (80 juta(DP) + (7 (tahun) x 12(bulan) 3,75 juta (cicilan)) = 374  juta
Sisa cicilan yang harus di bayar= Harga total rumah - Ttl Pengeluaran slm 7 th =   76 juta

Uang yang kita miliki dari menjual tadi, sekarang adalah 400 juta, berarti untuk membayar kekurangan nya adalah : 400 juta – 76 juta = 324 juta, jadi sekarang kita memiliki uang sebesar 324 juta + rumah. Katakanlah ada biaya yang tak terduga, seandainya uang kita dikurangi sampai 100 juta pun hasilnya masih 224 juta, jadi, menguntungkan bukan berinvestasi dengan emas?. Jadi, kenapa anda menunda untuk berinvestasi dengan emas?

Tulisan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi anda, tapi tetap resiko ada di tangan anda, saya tidak bertanggung jawab atas segala akibat keburukan yang terjadi ketika anda menggunakan cara ini, saya hanya berniat membagikan tips saja, semoga bermanfaat

Semoga bermanfaat ....


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda