Rabu, 26 Oktober 2011

Kenyataan Mengesankan tentang Negara China

China mungkin akan segera menjadi negara dengan perekonomian terbesar dunia, jika tidak ikut terlibas dalam krisis. Beberapa kenyataan mengesankan pun tampaknya perlu diperhatikan.

China telah mencapai titik, dimana setiap pergerakannya dapat membangun atau menghancurkan pasar global, dengan imbas yang lebih besar ketimbang AS. Businessinsider pun memilih beberapa fakta mengesankan tentang Negara Tirai Bambu ini:

Konsumsi komoditas China Menakjubkan

China merupakan penggerak dalam peningkatan komoditas utama dunia. Sementara PDB hanya 9,4% dari ekonomi global, dan penduduknya adalah 19% dari populasi dunia, negara ini mengkonsumsi 53% dari semen dunia, 48% bijih besi dunia, 47% batubara, baja 45%, seng 41%, Alumunium 41%, tembaga 39%, telur 37% dan nikel 36%.

Beberapa permintaan relatif stabil, seperti konsumsi makanan. Sedangkan bahan bangunan tergantung pada investasi aset tetap. Sementara pasar lain, seperti tembaga, telah melonjak karena penimbunan. Ketika China melambat, tentu imbasnya akan mendunia.

Ketika Anda membeli saham China, pada dasarnya membiayai pemerintah China. Tujuh dari sepuluh atas Shanghai saham adalah milik pemerintah.

Tujuh dari sepuluh saham terbesar di Shanghai Stock Exchange dikuasai negara. Yakni PetroChina, Industrial and Commercial Bank of China, Sinopec, Bank of China, China Shenhua Energy Company, China Life Insurance Company dan Bank of Communications.

Pada 2025, China akan membangun gedung pencakar langit yang cukup untuk membangun kota-kota seukuran New York

Pada 2025, 40 miliar meter persegi lantai akan dibangun, dalam lima juta bangunan. Sebanyak 50 ribu bangunan ini bisa pencakar langit. Ini setara dengan sepuluh Kota New York.

Militer China didukung personel yang cukup besar

China memiliki militer terbesar dunia, dengan 3,5 juta personel aktif dan cadangan. Hal ini dengan perbandingan jumlah personel Amerika tidak sampai 3 juta orang.

China mengeksekusi tiga kali lebih banyak orang ketimbang gabungan seluruh dunia

China melakukan setidaknya 1.718 eksekusi pada 2008, tiga kali lebih banyak ketimbang seluruh dunia, menurut Amnesty International. Beberapa analis menempatkan angka tahunan mendekati ke 6.000. Untuk mempercepat, mereka menggunakan kendaraan eksekusi (death vans) bernama Jinguan Automobile, menurut USA Today :

"Pembuat kendaraan kematian mengatakan kendaraan dan suntikan merupakan alternatif yang beradab ketimbang regu tembak, mengakhiri kehidupan lebih cepat, klinis dan aman. Peralihan dari tembakan ke suntikan adalah tanda bahwa China mempromosikan hak asasi manusia sekarang, "kata Kang Zhongwen, yang mendesain death vans tersebut.

China mengkonsumsi rokok 55.000 setiap detiknya
Berdasarkan data WHO pada 2002, dari seluruh dunia, satu dari tiga rokok dikonsumsi di China. Ada lebih dari 300 juta orang perokok China, lebih dari seluruh populasi AS. Mereka mengkonsumsi 1,7 triliun rokok per tahun atau 3 juta rokok per menit.

Besarnya Gurun Gobi China seukuran dengan Peru dan tiap tahun bertambah luas 1.400 mil persegi.

Saat ini, gurun Gobi berkembang pada tingkat yang mengkhawatirkan, dalam proses yang dikenal sebagai desertifikasi. Ekspansi cepat terutama terjadi di tepi selatan ke China, dimana 3.600 km2 padang rumput tersusul setiap tahun oleh Gurun Gobi.

Debu badai, yang muncul teratur di China, telah melihat peningkatan dramatis dalam 20 tahun terakhir, terutama karena desertifikasi, dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut bagi perekonomian pertanian China. Perluasan gurun Gobi disebabkan sebagian besar kegiatan manusia, terutama penggundulan hutan, penggembalaan, dan penipisan sumber daya air.

China telah membuat berbagai rencana untuk memperlambat perluasan gurun, tapi biasanya tidak berdampak besar. Rencana terbaru adalah penanaman Tembok Hijau Cina, cincin besar hutan baru yang ditanam dengan harapan dapat menjadi penyangga terhadap perluasan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat ....


sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda