Senin, 22 Agustus 2011

Mitos dan Fakta tentang Hipertensi


Menurut Preventive Cardiology, dokter Santoso Karo-karo Surbakti:


1. Hipertensi tidak terlalu berbahaya. Buktinya banyak orang tidak meninggal karena tekanan darah tinggi.
FAKTA:
Hipertensi sangat berbahaya, penderita bisa mati akibatnya dan benar-benar mati karenanya. Di Amerika Serikat saja, orang bisa mati setiap dua menit karena hipertensi dan komplikasinya. Hipertensi meningkatkan risiko gagal jantung, penyakit jantung koroner, demensia, kerusakan ginjal, stroke, kebutaan, dan kematian. Juga fakta penting, seseorang dengan tekanan darah tinggi tidak harus menunggu bertahun-tahun sebelum terjadi komplikasi. Hipertensi bisa menyerang tanpa peringatan, dan serangan pertama bisa merupakan yang terakhir. 

2. Orang dengan hipertensi banyak keluhan dan ada tanda peringatannya.
FAKTA:
Hipertensi tidak memiliki keluhan dan tanda khas. Karena itu, disebut “pembunuh diam-diam” (silent killer). Diperkirakan satu dari setiap empat orang penderita hipertensi tidak mengetahui bahwa dirinya memiliki tekanan darah tinggi. Anda berada dalam ancaman serius tanpa menyadarinya. Sebagai kondisi tanpa keluhan hipertensi bisa mengancam jiwa. Riwayat anggota keluarga kandung dengan hipertensi akan meningkatkan risiko seseorang.

3. Hipertensi, bagi saya tekanan darah tinggi itu normal.
FAKTA 
Hipertensi tidaklah normal. Meskipun banyak orang yang memiliki tekanan darah di atas batas normal, hal itu tidak normal. Untuk orang berusia 60 tahun atau lebih, risiko hipertensi meningkat. Artinya, hipertensi, sayang sekali, merupakan hal yang biasa karena terkait dengan gaya hidup modern. Kegemukan, asupan garam yang tinggi, asupan alkohol adalah penyebab hipertensi yang banyak ditemukan dari tahun ke tahun. 

Semoga bermanfaat ...


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda