Rabu, 24 Agustus 2011

7 Kesalahan Umum Saat Menggunakan Jejaring Sosial


Meskipun sifatnya “online” dan Kamu tidak bertatapan langsung, tak berarti Kamu dapat bertindak semena-mena saat bercengkerama di situs jejaring sosial. Sebelum Kamu dibuang dalam pertemanan karena dianggap pribadi yang tidak nyaman, hindari saja tujuh kesalahan ini.


Bergaul di dunia online membuat banyak penggunanya lupa diri. Ajang yang seharusnya menjadi lahan potensial dan nyaman untuk bersosialisasi seperti di jejaring sosial justru menjadi ruang yang tidak nyaman karena beberapa kesalahan yang Kamu buat. Lantas, apa saja kesalahan yang kerap dilakukan para pengguna internet saat asyik berselancar di dunia maya tersebut? Times of India membeberkannya.

Jangan terlalu sering  “PING” atau “BUZZ” (YM!)
Jangan membuatnya tampak seperti Kamu sudah lelah seharian menunggunya muncul. Tapi jangan ragu pula untuk menjejalinya berbagai percakapan beberapa saat setelahnya. Kuncinya, sapalah teman-teman baru online Kamu tersebut dengan momen yang pas dan frekuensi yang tidak berlebihan, sehingga pertemanan bisa terjalin dengan baik.

Jangan mengomentari update status orang lain setiap saat

Ya, situs jejaring memang dimaksudkan agar Kamu tetap berhubungan dengan teman-teman Anda. Tapi, sebaiknya Kamu tidak membuatnya tampak seperti Kamu menghabiskan waktu setiap saat untuk mengamati “wall” orang lain.

Jangan mengirimkan permintaan pertemanan secara berulang-ulang
Jika seseorang telah mengabaikan request persahabatan yang Kamu ajukan lebih dari sekali, sebaiknya jangan mengajukan kembali permintaan berikutnya. Jangan pula untuk mengingatkannya akan permintaan Kamu yang tertunda tersebut. Kemungkinannya ketika berulang kali diacuhkan, mungkin Kamu telah berada dalam daftar blokir pertemanannya.

Pikirkan masak-masak sebelum mengetik pesan
Mengetik pesan di media online seharusnya menjadikan Kamu berpikir dua kali sebelum mempublikasikannya. Pikirkanlah tentang apa yang akan Kamu katakan baik saat chatting ataupun meninggalkan pesan di “wall” seseorang.

Jangan mengomentari setiap gambar yang dia upload
Mengomentari satu atau dua gambar merupakan hal yang wajar. Tetapi ketika Kamu selalu mengomentari apapun yang dia upload tentu hal ini akan menimbulkan ketidaknyamanan.

Jangan mengganggu ketika ada dua orang yang sedang terlibat percakapan
Jika ada serangkaian pesan antara dua orang, janganlah mencoba bergabung dalam percakapan tersebut. Ketika ada dua orang yang sedang terlibat diskusi dengan pesan beruntun, maka mungkin dia tidak ingin ada komentar dari pihak ketiga.

Jangan mengirim permintaan pertemanan kepada sahabatnya
Jangan hanya karena Kamu ingin memiliki banyak teman baru yang terlibat dengan orang tersebut, lantas Kamu pun memaksakan diri untuk meminta bergabung dengan daftar teman-temannya. Jika dia tidak terbuka untuk menjadikan Kamu teman online, maka hormatilah keputusannya.

Semoga bermanfaat ...


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda