Minggu, 15 Mei 2011

Tips Tampil Memukau Saat Wawancara Kerja

Ada pepatah yang mengatakan do not judge the book by it's cover, jangan melihat seseorang dari penampilan luar saja. Akan tetapi, kadang-kadang penampilan luar seseorang bisa menentukan karakter orang itu sendiri. 

Apakah ia orang yang rapi, sopan, dan bisa menempatkan diri sesuai situasi? Ataukah sebaliknya? Jangan salah, sebagian pewawancara akan menilai bagaimana penampilan calon pegawai saat hadir di sesi wawancara kerja. 

Michael A. Lubarsky, seorang kontributor tulisan fashion di situs AskMen sekaligus penulis novel Little Kingdoms, menyatakan bahwa penampilan kita sama pentingnya dengan berjabat-tangan, juga menjaga eye contact saat menghadiri wawancara kerja.

Untuk memudahkan, Michael membagi pekerjaan menjadi tiga jenis. Ternyata ketiganya tidak melulu mewajibkan kita mengenakan blazer, dasi, dan pakaian resmi lainnya. Ingin tahu selengkapnya? Berikut pemaparan Michael.

Tipe pekerjaan yang konservatif
 Jika Anda berpikir untuk bekerja pada bidang finansial atau penjualan, jangan berpikir untuk menanggalkan blazer atau jas Anda. Ini merupakan jenis pekerjaan yang mengharuskan Anda mengenakan segala jenis pakaian resmi.

Agar Anda tampil memukau kenakan jas atau blazer berwarna gelap atau biru hitam. Padankan dengan kemeja putih di dalamnya juga sepatu hitam bertali atau sepatu hitam hak tinggi untuk wanita. Jika Anda ingin tampil sedikit berbeda, tetap kenakan luaran berwarna gelap dan solid, kemudian tambahkan aksesoris serta tas modis.

Ingat, dilarang mengenakan pakaian yang bermotif serta memiliki warna berani untuk jenis pekerjaan ini.
Tipe pekerjaan kreatif
Pada tipe ini, Anda bisa sedikit lebih santai, tapi tetap dituntut untuk berkreativitas. Penampilan rapi dengan setelan jas, dasi, dan sepatu kulit tidak dianjurkan. Anda harus berusaha berimajinasi dengan ragam motif dan warna.

Pekerjaan kreatif seperti perusahaan penerbitan, fotografi, dan media massa cenderung menerima semua pilihan berbusana. Anda bisa mengombinasikan celana panjang polos dan kemeja bergaris-garis halus dengan cardigan atau sweater. Pilihan alas kaki pun lebih beragam, tidak hanya heels hitam, tapi bisa pakai sneakers, sepatu kulit atau boots.


Tipe pekerjaan pelayanan publik
 Anda melamar di sebuah perusahaan jasa? Pekerjaan pelayanan publik ini menuntut mobilitas yang tinggi. Maka, busana yang nyaman adalah aturan utama. Kenakan celana bahan panjang atau kurdorai. Padankan dengan kemeja serta luaran blazer atau sweater. Jika Anda telah mendapatkan pekerjaan itu, bisa dicoba kenakan jeans berwarna gelap. Sebelumnya, pastikan Anda telah bergabung di sana.

Semoga bermanfaat ...

sumber: Tempointeraktif.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda