Selasa, 10 Mei 2011

Makanan Pencegah Stres Saat Ujian

Ujian sekolah, ulangan semester sebantar lagi tiba. Anak-anak sering gelisah dan stres menghadapi masa ulangan. Cobalah beri mereka makanan sehat. Jeruk, bayam, dan susu bisa meredam stres dan membuat tubuh mereka lebih prima.

Masa ujian dan ulangan dengan jadwal yang padat dan materi pelajaran yang banyak membuat anak cepat stres. Tidak cukup hanya rajin belajar, olahraga dan tidur serta istrahat. Makan makanan bernutrisi tinggi juga bisa mencegah stres sehingga anak bisa lebih berkonsentrasi.

Berikut beberapa bahan makanan bernutrisi yang bisa jadi makanan pencegah stres untuk anak sekolah, seperti dilansir oleh healthmeup.

Jeruk
Jeruk kaya akan vitamin C yang merupakan sumber folat yang bisa mengurangi tingkat hormon stres dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Makan 3000 miligram vitamin C, bisa menjaga tekanan darah dan tingkat cortisol kembali normal.

Bayam
Bayam kaya akan zat besi, vitamin A dan kalsium. Membantu tubuh mengkonversi kolin atau asam amino yang bisa membantu dalam memori dan proses belajar. Juga berkhasiat mengurangi stres dan kecemasan saat ujian.

Air
Pastikan untuk meminum air 6 – 8 gelas per hari, sebab minum banyak air bisa mengurangi dehidrasi yang berkaitan dengan melambatnya aktivitas otak, kurang fokus, masalah pencernaan, dan sembelit.

Susu
Segelas susu per hari merupakan keharusan bagi anak – anak untuk mendapat kandungan kalsium yang diperlukan tubuh untuk menghindari stres. Bisa membantu membangun masa tulang, fisik dan memperkuat sistem kekebalan tubuh serta memelihara fungsi otak menjadi lebih fokus.

Protein
Protein merupakan rantai asam amino yang berfungsi sebagai blok pembangun untuk otak dan sistem saraf . Berfungsi untuk perbaikan sel-sel otak dan pasokan energi bagi kewaspadaan serta daya ingat. Sumber protein bisa didapat pada tahu, kacang, daging, ayam dan produk susu rendah lemak. Hindari lemak daging babi dan sapi, karena mengandung lemak jenuh yang bisa memicu kelelahan mental.

Sereal
Satu mangkuk sereal baik untuk mengawali hari menjelang ujian. Pasalnya, karbohidrat pada sereal bisa memberikan energi sepanjang hari serta bisa membantu anak tetap enerjik. Pilihlah sereal yang rendah gula dan kaya serat, vitamin dan mineral.


Semoga bermanfaat ...


sumber: detikFood

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda