Senin, 23 Mei 2011

Inilah Cara Mudah Mengetahui Tubuh Kita Sehat!


Apakah Anda sehat? Cek tanda-tanda yang dituliskan Askmen, Selasa (17/5), untuk mengetahui seberapa sehatkah tubuh Anda.

1. Warna Kuku
Mungkin Anda pernah berpikir bahwa kuku dapat menentukan kondisi kesehatan manusia. Dalam kondisi sehat, kuku akan berwarna merah muda dan lembut. Perubahan mencolok pada kuku bisa menjadi pertanda bahwa Anda tengah sakit.
2. Warna Urine
Bagi seseorang yang sehat, urine berwarna kuning pucat. Warna kekuningan urine dapat bervariasi tergantung pada jumlah cairan yang kita konsumsi. Ketika mengkonsumsi banyak air biasanya urine cenderung memiliki warna kuning jelas. Tetapi ketika kita mengalami dehidrasi, perubahan warna menjadi cokelat gelap seperti teh.
Jika ada aroma manis, bau aneh, setetes darah, dan perubahan signifikan dalam warna urine yang tidak berhubungan dengan obat-obatan, makanan, atau suplemen yang Anda konsumsi, lebih baik Anda periksakan diri Anda ke dokter.
3. Volume Cairan Sperma
Saat subur, cairan sperma laki-laki yang dikeluarkan sekitar dua hingga lima mililiter (ml). Jika kurang dari itu, menunjukkan bahwa Anda berada dalam kondisi kurang subur.
Hal ini disebut sebagai hypospermia, suatu kondisi yang mempengaruhi kesuburan pria. Selain volume, warna dan konsistensi semen juga menunjukkan kondisi tubuh Anda. Semen pada pria sehat harus menjadi putih atau abu-abu dan lengket. Jika ada darah atau tidak tebal, bisa mengindikasikan masalah kesehatan.
4. Denyut Jantung
Nilai denyut jantung bervariasi sesuai dengan usia seseorang, tetapi biasanya berkisar antara 70 dan 75 bpm. Untuk pria dewasa denyutan jantung antara 60 hingga 100 bpm dianggap normal. Jadi tingkat detak jantung di luar itu menunjukkan bahwa Anda memiliki masalah kesehatan yang cukup serius.
5. Elastisitas Kulit
Elastisitas kulit umumnya digunakan untuk menilai tingkat tubuh Anda dari hidrasi. Kulit yang kusam dan tidak elastis menandakan kekurangan cairan. Untuk menguji elastisitas, hanya mencubit kulit di punggung tangan. Jika kembali ke posisi semula itu menunjukkan kulit Anda sehat.
Semoga bermanfaaat ....
sumber: detikHealth

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda