Kamis, 12 Mei 2011

Berbagai Makanan Pencegah Kanker

Tak seorang pun di dunia ini ingin mengidap penyakit kanker. Namun, tak sedikit pula manusia yang tak mampu menjaga dirinya agar tidak terjangkit kanker. Padahal sudah mengetahui, kalau kanker adalah jenis penyakit kedua setelah jantung yang menyebabkan banyaknya orang meninggal.


Penyebab Dominan Penyakit Kanker
Apa sebenarnya yang menyebab manusia begitu gampang terjangkit kanker? Jawaban singkatnya adalah pola makanan. Ya, pola makanan modern, seperti makanan fast food, memiliki peran 35%penyebab kasus kanker terjadi. Selain itu, polusi lingkungan, rokok, radiasi dan segala zat kimia yang membahayakan tubuh manusia.

Buah dan Sayuran Pencegah Kanker
Lantas, apa yang harus dilakukan agar tidak terkena penyakit kanker? Langkah tercepat adalah dengan mengubah pola makan. Anda harus memiliki pola makan diet rendah lemak dan tinggi serat. Paling tidak, makanan yang dimakan mesti mengandung antioksidan, polifenol dan vitamin.
Karena itu, Anda harus mengonsumsi enam jenis makanan yang bisa membantu Anda terhindar dari kanker.

· Alpukat
Alpukat tidak hanya jenis buah yang enak dibuat jus. Tapi ia juga berperan untuk membantu Anda tercegah dari penyakit kanker, karena memiliki sumber kalium dan betakoraten. Dengan kandungan tersebut, ia dapay menyerang zat kimia yang berbahaya di dalam tubuh Anda.

· Wortel
Selama ini, barangkali, Anda hanya mengetahui bahwa wortel hanya baik untuk penglihatan saja. Ternyata, wortel juga berperan untuk mencegah Anda terjangkit penyakit kanker. Karena di dalam wortel terdapat kandungan betakoren. Ia sangat berfungsi untuk mencegah penyakit kanker paru-paru dan kanker payudara.

· Cabai
Rasa cabai memang pedas. Tapi, kepedasannya itu juga bisa menoling Anda untuk mencegah penyakit kanker. Dengan bahan capsaicinnya, ia dapat mengontrol nitrosamin yang dikenal sebagai salah satu penyebab kanker.

· Bawang Putih
Kandunga Alium, senyawa karsinogen yang terdapat di dalam bawang putih sangat berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mecegah kerusakan organ tubuh akibat kanker.

· Kunyit
Kunyit juga bisa menjaga tubuh Anda dari penyakit kanker. Dengan mengonsumsi kunyit maka ia akan berkerja seperti anti inflamasi untuk memperlambat produk enzim. Kunyit sangat bagus dikonsumsi oleh Anda yang mengidap penyakit kanker usus dan usus besar.

· Rumput Laut
Rumput laut sangat berperan untuk mempertahankan tubuh dari serangan penyakit kanker. Karena ia memiliki kandunan betakaroten, protein, vitamin B 12, serat, klorofil dan asam lemak.

Semoga bermanfaat ...


sumber: Kompasiana

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda