Selasa, 12 April 2011

Tiga Pisang Sehari Jauhi Anda dari Stroke

Pisang mengandung banyak khasiat. Selain menurunkan tekanan darah, memulihkan stamina, potassium yang terkandung di dalam pisang juga bisa menurunkan risiko terserang stroke. 


Menurut para ilmuwan dari University of Warwick, Inggris dan University of Naples, Italia 

pisang efektif mengurangi risiko terserang stroke asalkan makan tiga pasang per hari. Pisang ini dimakan saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Dengan jumlah itu sudah cukup untuk menurunkan sekitar 21 persen kemungkinan tejadinya gumpalan darah pada otak yang menyebabkan stroke.

Berdasarkan penemuan dari ilmuwan Inggris dan Italia ini, mengkonsumsi potassium dalam jumlah tertentu dapat mengurangi kemungkinan terserang stroke. Makanan yang kaya akan potassium seperti, bayam, kacang-kacangan, susu, dan ikan.

"Penelitian ini menyarankan Anda untuk makan makanan yang mengandung kaya potassium itu dapat mengurangi risiko Anda terkena stroke," ujar juru bicara dari Storke Association. Menurutnya, tekanan darah tinggi merupakan risiko terbesar dari serangan stroke, dan penelitian ini telah mengindikasikan bahwa potassium dapat mengurangi tekanan darah.

Menurut para ilmuan di Inggris, mereka menyarankan untuk mengkonsumsi sejumlah 3.500 miligram potassium per hari untuk menurunkan risiko terserang stroke. Hal ini berbeda dengan penelitian terbaru yang dilakukan di American College of Cardiology, menurut mereka hanya dibutuhkan sekitar 1.600 miligram potassium per hari untuk menurunkan risiko terkena stroke.

Rata-rata kandungan potassium dalam pisang adalah 500 miligram, sehingga mengkonsumsi tiga pisang per hari dapat mencukupi asupan potassium. Menurut para peneliti di Inggris dan Italia, jika orang-orang memakan lebih banyak makanan yang mengandung potassium, dan mengurangi makanan yang mengandung garam, jumlah kematian akibat stroke akan turun lebih dari satu juta orang per tahun. 
Semoga bermanfaat ...

sumber: Tempointeraktif.com


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda