Jumat, 29 April 2011

5 Alasan Mengapa Telur Penting untuk Dikonsumsi

Paskah adalah salah satu perayaan bagi umat nasrani yang identik sekali dengan telur. Hampir disetiap jamuan akan ada menu yang berbahan dasar telur, namun sayangnya banyak orang menghindarinya karena takut kolesterol yang tinggi atau asupan lemak yang berlebihan. Padahal kalau dtilik kembali, telur memiliki banyak vitamin, mineral yang baik untuk tubuh. Dan berikut ini adalah 5 alasan mengapa telur penting untuk dikonsumsi menurut fitbie.msn.com.

1. Telur tak bikin kolesterol meroket.
Peneliti di Amerika telah membuktikan bahwa rata-rata satu butir telur mengandung 185mg kolesterol. Apabila Anda mengkonsumsi satu butir telur setiap hari yang batas maksimalnya 300mg, masihlah aman. Tidak akan membuat kadar kolesterol Anda langsung meroket secepat kilat.

2. Telur bantu turunkan berat badan.
Dua butir telur untuk sarapan memungkinkan Anda mengkonsumsi sedikit kalori di siang hari, jika dibandingkan sarapan dengan menu sarapan lengkap ataupun roti. International Journal of Obesity telah menemukan fakta selama 8 minggu, mereka yang mengkonsumsi telur saat sarapan kehilangan berat badan sebanyak 65% dan mengurangi lingkar pinggang sampai dengan 34% lebih banyak dari mereka yang sarapan menu legnkap.

3. Telur menjaga berat badan.
Apabila berat badan Anda sudah kembali stabil, telur bisa membantu menjaga kestabilannya. Dengan mengkonsumsi telur dan mengurangi asupan karbo tentunya dapat membuat berat badan tidak akan kembali melambung tinggi. Seperti yang telah dicatat oleh New England Journal of Medicine tahun lalu, mereka yang melakukan diet karbo tinggi protein justru mampu menjaga berat badan lebih stabil dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi makanan rendah protein.

4. Telur bantu bentuk otot
Telur adalah salah satu dari sedikit makanan yang mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Asam amino ini adalah salah nutrisi yang baik untuk memacu pertumbuhan otot. Kuning telur merupakan protein rendah lemak yang membantu mempercepat pertumbuhan otot dan memperkuatnya. Tak heran kalau atlet binaraga mengkonsumsi puluihan butir telur untuk menjaga kondisi ototnya tetap prima.

5. Nutrisi yang langka dalam telur
Tidak banyak yang tahu kalau telur ternyata mengandung 41 IU vitamin D-64% lebih banyak dibandingkan jika Anda berjemur di matahari. Asupan vitamin D yang jumlahnya kurang bisa Anda dapat dari telur. Selain itu, bisa menurunkan resiko diabetes, jantung, dan penyakit ginjal.

Nah, kalau sudah tahu begitu banyak manfaat yang ada di dalam telur, masihkah Anda ragu untuk mengkonsumsinya?


Semoga bermanfaat ...


sumber: detikFood

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda