Kamis, 24 Maret 2011

Ternyata Mendengarkan Musik Sama Seperti Bercinta!

Mendengarkan musik favorit bergenre apapun ternyata memicu reaksi kimia dalam tubuh seperti halnya ketika kita sedang bercinta.Mungkin itulah sebabnya mayoritas orang di dunia begitu menyenangkan saat mendengarkan musik.


Seperti dikutip dari laman kompas para peneliti dari pakar neuroscientist dari Kanada menemukan bahwa ketika kita sedang mendengarkan musik favorit, tubuh akan mengeluarkan hormon dopamin.

Dalam dosis yang tepat dopamin akan menciptakan kekuatan, kegembiraan serta dorongan yang kuat untuk memberikan imbalan. Hormon ini dilepaskan tubuh ketika seseorang memandang kekasih hatinya atau pun menyantap hidangan lezat.

“Musik menelusup jauh ke dalam otak yang yang melibatkan sistem biologik sejak manusia purba. Mungkin itu menjelaskan mengapa dopamin menimbulkan sensasi kesenangan di striatum, bagian dalam otak yang primitif,” kata Robert Zatorre, ketua peneliti dari Montreal Neurological Institute, Kanada.

Ia menambahkan, efek musik yang dahsyat itu bisa dipakai untuk mengatur alam bawah sadar kita. “Heroin dan kokain juga punya efek sama, tapi dampaknya adalah kecanduan. Sementara itu tubuh tidak rugi apa-apa jika kita kecanduan musik,” katanya.

Dalam risetnya, Zatorre meminta para partisipan studi mendengarkan musik sesuai selera masing-masing kemudian mereka melakukan pemindaian otak untuk mengetahui aktivitas otak yang terjadi ketika musik diperdengarkan. “Semua jenis musik mengaktifkan bagian otak yang sama, selama kita menyenengani jenis musik tersebut,” katanya.

Semoga bermanfaat .. 


sumber: Kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda