Minggu, 27 Maret 2011

Makanan-Makanan Penangkal Stres

STRES dan makanan memiliki hubungan yang erat. Pemilihan makanan yang tepat akan membantu Anda terhindar dari stres. Karenanya, pilih menu sehat yang bisa menjadi perisai bagi ancaman stres yang mengintai sewaktu-waktu. Apa saja makanan itu?

Berikut ini rekomendasi dari Times of India untuk Anda.

Yoghurt

Susu fermentasi ini sangat efektif menangkal stres karena sifatnya yang ringan dan mudah dicerna. Kata Dr Shikha Sharma, dokter dan ahli kesehatan, “Yoghurt atau susu kaya tirosin ini akan meningkatkan tingkat serotonin di otak. Kemudian protein yang terkandung di dalamnya akan meningkatkan neurohormon di otak yang dapat menekan saraf stres dan menenangkan Anda. Jika yoghurt polos membosankan Anda, cobalah yoghurt dengan rasa strawberry, blackcurrant, mangga, dan beberapa rasa popular lainnya.

Dark chocolate

Cokelat ini memang terlihat seperti makanan yang kurang lezat untuk disantap. Apalagi rasanya yang pahit karena belum diolah membuat lidah kita enggan mengecapnya. Padahal, dark chocolate ini mampu menurunkan tingkat stres dan memperbaiki ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan stres di tubuh Anda. Chef Sachin Sahgal, ahli gizi dan makanan menjelaskan, cokelat adalah aphrodisiac yang baik. Makanan ini dikenal sebagai kimia cinta yang merupakan stimulan “mood” terbaik karena mengandung phenethylamine, yakni bahan alami yang aman dilepaskan ke otak ketika emosi negatif sedang melanda.

Jeruk

Semua buah adalah pilihan terbaik untuk tubuh. Buah memiliki gula alami yang dapat menekan pikiran yang sedang panas. Selain itu, gula alami dalam buah-buahan sangat sehat bagi tubuh.

Almond

“Almond mengandung vitamin B2, vitamin E, Magnesium, seng. Vitamin B dan magnesium yang berhubungan dengan produksi serotonin dimana dapat membantu mengatur suasana hati Anda dan mengurangi stres . Sementara vitamin E adalah antioksidan yang menghancurkan radikal bebas dimana unsur tersebut yang memicu serangan stres dan jantung,” ujar Chef Sahgal.

Teh herbal

Teh hitam atau teh herbal sangat baik untuk memperbaiki “mood” hati Anda. “Teh herbal, teh melati atau teh ‘charmomile’ layaknya obat yang dapat menenangkan dan membuat pikiran kita rileks,” ujar Dr Shikka Sharma.

Ikan

Makanan ini adalah sumber dari Omega 3 dan asam lemak serta mengandung vitamin B6 dan B12. “B12 adalah salah satu vitamin yang paling penting dalam sintesis serotonin yang menyebabkan otak terbebas dari stres. Kekurangan B12 bahkan dapat menyebabkan depresi,” ujar Chef Sahgal.

Brokoli

Tahukah Anda, brokoli sebenarnya mengandung vitamin B dan juga asam folat. Asam folat sangat baik untuk membantu menghilangkan stres, kecemasan, panik dan depresi. Selain itu, brokoli juga mengandung serat tinggi yang membantu Anda mengobati sembelit dan mencret, yang biasanya terkait dengan gangguan usus di mana hal tersebut merupakan salah satu efek dari stres yang Anda alami.

Bawang putih

Bawang putih dapat meredakan ketegangan dan stress, serta mengurangi kadar glukosa dalam tubuh. Bawang putih pun kaya akan antioksidan yang dapat menenangkan tingkat stres yang Anda alami.


Semoga bermanfaat ...


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda