Kamis, 10 Maret 2011

Lima Langkah untuk Menciptakan Ide

Kadang-kadang kita mendadak seperti blank, kehilangan berbagai ide yang biasanya cukup lancar mengalir. Setelah merenung sejenak, barulah ide mulai lancar kembali walaupun masih agak tersendat.

Sebetulnya aliran ide ini dapat kita atur agar semakin lancar dengan mengikuti lima buah tips sebagai berikut :

Pikirkan Sebelum Tidur

Mungkin Anda tidak menyadari bahwa pada saat Anda tidur, otak Anda masih terus mengolah dan mengevaluasi ide-ide dan pikiran Anda. Sepanjang sejarah, tokoh-tokoh terkenal seperti Napoleon telah menyatakan bahwa mereka memfokuskan diri pada masalah-masalah mereka sebelum mereka tidur, dan cenderung memiliki jawaban ketika mereka bangun. Tekanan rutinitas sehari-hari dapat mengakibatkan kreativitas kita menjadi hilang, tetapi jika kita fokus pada pikiran kita, ide-ide, dan wawasan beberapa menit sebelum tidur, pikiran bawah sadar kita akan merenungkan semua itu sementara tubuh beristirahat.

Jangan Biarkan Keyakinan Anda Menjadi Penghalang

Ada saat-saat dimana tidak jadi menjalankan ide kita karena merasa terlalu jelas atau terlalu mudah. Kita hindari itu karena kita anggap sebagai ide yang konyol dan bodoh. Di lain waktu kita meragukan fakta bahwa kita pernah memiliki ide bagus yang bahkan belum pernah terpikirkan oleh orang lain.

Jika Anda membiarkan keyakinan Anda membatasi Anda, misalnya dengan meyakini bahwa Anda masih terlalu muda atau tidak menguasai bidang tersebut, maka keyakinan ini akan selalu menghambat Anda. Sadarilah bahwa Anda adalah orang yang unik dengan kemampuan untuk membuat dan menyulap ide yang tidak pernah dilakukan oleh manusia lain sebelum Anda.

Baca Buku Yang Relevan

Membaca lebih banyak buku akan menambah wawasan. Tidak perlu terlalu banyak buku untuk satu subyek. Anda bisa menjadi ahli pada satu bidang cukup dengan mempelajari sekitar 3 buah buku yang berkualitas tentang subyek tersebut. Di internet banyak sekali tersedia informasi tentang ribuan dan mungkin jutaan subyek. Pilihlah mana yang dianggap paling lengkap dan bacalah.

Selalu Mencatat

Saya rasa ini adalah kebiasaan yang paling penting dari semuanya. Pikirkan sebuah buku atau artikel bagus yang Anda baca dalam setahun terakhir ini. Saya yakin bahwa Anda dapat mengingat beberapa poin penting, tapi Anda mungkin juga melupakan halaman lain yang berisi informasi yang bermanfaat. 

Setiap kali saya membaca buku yang berkualitas, saya catat beberapa poin penting dari buku itu, dan saya berikan tanda coretan pinsil atau Post-It pada halaman terkait. Ada baiknya jika poin-poin penting itu di-review ulang beberapa kali agar benar-benar tertanam dalam memori.

Ini tidak berlaku untuk membaca saja. Anda mungkin menemukan beberapa gagasan terbaik Anda datang ketika Anda melakukan sesuatu yang sama sekali tidak terkait dengan gagasan itu sendiri. Dalam kasus tersebut, adalah bijaksana untuk membawa buku catatan kecil atau ponsel sehingga Anda dapat mencatat ide-ide Anda saat bepergian.

Bersikap Terbuka terhadap Informasi Baru

Jika Anda merasa sudah mengetahui semuanya tentang suatu subyek, maka Anda tidak akan pernah memiliki wawasan baru tentang subyek itu. Sebagai tambahan, jika Anda tidak pernah me-review bahwa sebagian dari keyakinan Anda saat ini mungkin salah, maka Anda benar-benar telah menghambat potensi pertumbuhan personal Anda.

Sebaliknya, cobalah berpikiran terbuka dan menyadari bahwa selalu ada hal-hal baru yang bisa dipelajari walaupun hanya pada subyek yang sangat spesifik. Tentu saja Anda tidak harus menelan setiap ada informasi baru, tetapi setidaknya perlu mengevaluasinya dengan benar sebelum membuangnya.

Saya percaya bahwa setiap orang, tanpa memandang usia atau latar belakang pendidikannya, dapat muncul dengan ide-ide baru dan wawasan yang sangat baik. Anda hanya perlu tahu bagaimana caranya memanfaatkan mereka.



0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda