Selasa, 22 Maret 2011

Detox Alami

Detox atau detoxifikasi adalah proses untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Peran detox atau detoxifikasi dilakukan oleh 2 organ vital yaitu ginjal dan hati, yang racun itu dibuang melalui air kencing, air keringat atau melalui tinja. 


Detoxifikasi penting dilakukan untuk membersihkan tubuh kita yang tiap hari tercemar oleh zat – zat kimia. toxin dan zat kimia dapat berasal dari sisa metabolisme di dalam tubuh atau dari luar tubuh seperti dari udara yang tercemar oleh gas kendaraan bermotor/gas cerobong pabrik, makanan kita yang tercemar oleh pewarna, pengawet, penyedap, air minum yang tercemar oleh zat kimia, atau dari obat – obatan yang sering kita minum karena itulah pentingnya kita melakukan detoxifikasi untuk membuang racun dari dalam tubuh kita.

Peran hati dan ginjal dalam detox (detoxifikasi) alami

Di dalam tubuh terdapat dua organ tubuh yang memiliki peran dalam detoxifikasi yati organ hati (liver) dan ginjal. Kedua organ memiliki peran vital dalam menetralkan dan membuang racun dari dalam tubuh. Hati berfungsi untuk menetralkan dan mengolah racun yang masuk ke dalam tubuh menjadi zat yang tidak berbahaya yang kemudian zat itu di buang melalui keringat dan air kencing. Organ ginjal berfungsi dalam menyaring racun dan sisa hasil metabolisme di dalam darah yang kemudian dibuang bersamaan dengan air kencing. Kerusakan dua organ ini akan menyebabkan racun di dalam tubuh tidak mampu untuk dibuang sehingga sangat membahayakan tubuh.

Efek dari toxin atau zat kimia berbahaya

Efek dari toxin dalam tubuh sangat berbahaya baik untuk jangka pendek atau jangka panjang. Untuk jangka pendek kita akan merasakan kulit terasa kusam, mual – mual, muntah, sakit kepala, pusing, anak menjadi lebih hiperaktif dan bodoh. Untuk jangka panjang toxin tersebut akan terakumulasi dalam tubuh yang dapat menyebabkan gagal ginjal dan kanker.
Manfaat dari detoxifikasi adalah melindungi tubuh dari serangan penyakit, membantu proses penyembuhan, meningkatkan kebugaran dan kesehatan, memperbaiki masalah pencernaan dan yang terpenting adalah membuang racun dari dalam tubuh.

Tips menjaga kesehatan ginjal dan hati (liver) :

Ginjal dan hati merupakan dua organ yang sangat penting dalam menjalankan tugasnya dalam proses detoxifikasi, oleh karena penting menjaga kedua organ ini dengan cara :
  1. Minum air minimal 2 liter/sehari
  2. Minum air 1 gelas setiap bangun pagi
  3. Minum obat sesuai dosis, dan jangan sembarang minum obat tanpa dikonsultasikan dengan dokter.
  4. Tidak minum jamu atau herbal yang belum mendapatkan sertifikat badan POM.
  5. Bagi anak –anak, hindari jajan sembarangan sebab dicurigai banyaknya jajanan di sekolah banyak mengandung pewarna dan pengawet (formalin).
  6. Menggunakan kosmetik dan produk makanan yang telah memiliki sertifikat badan POM.
Beberapa tahap untuk melakukan detox (detoxifikasi) secara alami :
  1. Menghentikan merokok, minum alcohol, kafein (kopi), makanan kaleng dan babi.
  2. Minum the hijau (Camelia sinensis) 2 kali sehari.
  3. Minum air putih paling sedikit 8 gelas/hari atau 2 liter. Setiap bangun pagi minimal 2 gelas air putih.
  4. Minum clorofil atau spirulina
  5. Selain dengan cara – cara alami, detoxifikasi dapat juga dilakukan dengan bantuan alat seperti sinar infra merah dan alat – alat kesehatan lainnya yang dibuat secara khusus untuk membuang racun.
Semoga bermanfaat ...



0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda