Jumat, 04 Maret 2011

5 Kesalahpahaman Terbesar Bisnis Waralaba

Karena maraknya bisnis waralaba di Indonesia, masyarakat sering langsung mengambil kesimpulan bahwa bisnis waralaba adalah bisnis besar yang menguntungkan. Karenanya sering terjadi beberapa kesalahpahaman. Diantaranya:


Waralaba Adalah Skenario Untuk Cepat Kaya.
Terlepas dari apapun yang dibilang orang kepada Anda, bisnis Waralaba TIDAK PERNAH memberikan peluang untuk kaya dengan cepat. Proses investasi, menyewa tenaga kerja, pemilihan lokasi, dll. Adalah merupakan proses yang membutuhkan perhatian dan pemikiran yang matang. Mungkin Anda sering melihat di TV pemilik usaha waralaba jalan-jalan di pantai, berkendara mobil mewah, namun ini Adalah merupakan hasil bisnis waralaba yang sukses yang telah mereka jalani selama bertahun-tahun. Bahkan memulai menjalankan bisnis dengan merek waralaba yang sudah sangat terkenal pun membutuhkan dedikasi, waktu, dan komitmen finansial yang kuat. Namun bisnis waralaba memang terbukti dapat mempercepat laju bisnis Anda jika dibandingkan dengan Anda memulainya dari nol.

Tenaga Kerja Tersedia Berlimpah.
Karena kita sering membaca di media bahwa tingkat pengangguran di Indonesia itu tinggi, maka jika kita menyediakan lapangan pekerjaan maka otomatis para pencari kerja akan datang berbondong-bondong ke kita bukan? Mungkin tidak. Menemukan, melatih, mempekerjakan, dan me-manage tenaga kerja yang dapat diandalkan, berdedikasi, pekerja keras, dan ber-orientasi kepada konsumen (yang akan menjadi salah satu penentu sukses atau tidaknya bisnis waralaba Anda) mungkin akan menjadi pekerjaan terberat dalam memulai bisnis waralaba Anda.

Lokasi Dimana Saja Tidak Masalah.
Walaupun Franchisor yang baik akan membimbing Anda dalam mencari lokasi untuk bisnis waralaba Anda, pemilihan untuk lokasi usaha adalah tetap tanggung jawab Anda sepenuhnya. Anda harus betul-betul familiar dengan lokasi dimana akan dibukanya usaha waralaba Anda. Lokasi harus gampang di akses, fasilitas jalannya bagus, dan memenuhi syarat-syarat lain untuk menjalankan usaha.

Franchisee (penerima hak waralaba) Tidak Perlu Repot Memasarkan Usaha.
Walaupun Anda dapat mengandalkan brand waralaba yang dipasarkan Franchisor Anda secara nasional (ataupun global), Anda harus tetap memasarkan, mengiklankan, dan mempromosikan usaha Anda secara lokal di daerah Anda.

Bisnis Waralaba Itu Jaminan Sukses.
Tidak ada yang namanya jaminan sukses dalam bisnis apapun. Anda akan dengan mudah menemukan “Peluang Usaha Waralaba”, bukan “Jaminan Usaha Waralaba”.

Semoga bermanfaat ... 


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda