Minggu, 09 Januari 2011

Tanaman yang Sehat untuk di Dalam Rumah

Punya tanaman hidup di dalam rumah kadang merepotkan karena harus dikeluarkan saat malam hari, ini karena tanaman bisa jadi racun karena dengan mengeluarkan karbondioksida di malam hari dan malah menyerap oksigen.

Tapi ada beberapa tanaman yang ternyata bisa menghasilkan oksigen di malam hari meski tak ada sinar matahari, sehingga sangat sehat untuk diletakkan di dalam rumah.

Tanaman memang seharusnya berada di luar rumah saat malam hari karena tanaman menghasilkan karbondioksida (CO2) di malam hari, sehingga bisa membuat orang susah bernapas dan berebut oksigen di malam hari.

Nah, beberapa tanaman ternyata bisa menghasilkan oksigen di malam hari meski tak ada sinar matahari, sehingga sangat sehat untuk diletakkan di dalam rumah.

Dilansir Gardenguides, Senin (27/12/2010), berikut beberapa contoh tanaman yang sehat diletakkan di dalam rumah:

1. Lidah mertua (Sansevieria atau Snake Plants)
Dari semua tanaman yang menghasilkan oksigen, tanaman lidah mertua cukup unik karena mampu mengkonversi karbondioksida menjadi oksigen di malam hari, sehingga sangat ideal untuk diletakan di dalam kamar tidur.

Tanaman ini cukup efisien untuk membersihkan udara dan juga menghilangkan formaldehida (metanal) di udara. Selain itu, dalam perawatannya juga memerlukan banyak sinar matahari.





2. Kaktus Natal (Christmas Cactus)
Spesies dari tanaman kaktus ini juga menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida di malam hari. Ini membuatnya juga ideal ditempatkan di kamar tidur, karena oksigen yang segar dapat membantu Anda tidur dengan nyenyak.







3. Bunga Gerbera Daisy (Aster)
Bunga gerbera yang berwarna cerah dan termasuk dalam famili Aster ini juga dapat melepaskan oksigen di dalam hari. Bagi orang yang menderita insomnia atau gangguan tidur apnea, meningkatkan jumlah oksigen di dalam ruangan dapat mencapai tidur yang lebih dalam dan nyenyak.







4. Philodendron
Menurut CleanAirGardening.com, tiga spesies Philodendron dievaluasi oleh NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat) sebagai salah satu tanaman yang dapat membersihkan udara dan baik untuk kesehatan.

Dengan daun yang lebar dan subur, philodendron juga merupakan tanaman yang sangat baik untuk ditempatkan di dalam ruangan karena menghasilkan oksigen yang banyak dan menyaring polutan di dalam rumah.




Semoga bermanfaat ...


sumber: detikHealth

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda