Rabu, 12 Januari 2011

Pisang, Sahabat Bagi Para Ibu Hamil

Masa kehamilan adalah masa yang rentan, khususnya bagi calon bayi yang akan dilahirkan nanti. Kebutuhan gizi ibu hamil harus terpenuhi agar calon bayi sehat saat dilahirkan. Hampir tidak ada pantangan makanan bagi ibu hamil, semua makanan bergizi harus banyak dikonsumsi.

Salah satu nutrisi penting untuk ibu hamil adalah asam folat. Asam folat, atau folic acid adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air. Asam folat atau yang dikenal dengan vitamin B9 berfungsi untuk membantu melakukan sintesis nukleotid ke remetilasi homocysteine. Asam folat dibutuhkan anak-anak dan orang dewasa untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia.

Asam folat sangat dibutuhkan selama masa kehamilan, untuk mencegah terjadinya cacat pada tabung saraf, dan juga kelainan pada tulang belakang. Asupan asam folat setiap harinya sekitar 0.4 - 0.8 mg per hari. Kebutuhan asam folat tidak hanya diperlukan pada masa kehamilan, tapi juga disaat perencanaan kehamilan.

Sayuran berdaun hijau seperti bayam merupakan sumber asam folat yang baik. Selain itu ada lobak Cina, kacang polong, sereal, biji bunga matahari, alpukat, brokoli dan lain-lain.

Dalam dua ikat bayam terdapat asam folat kurang dari 200 mikrogram, sedangkan jeruk akan memberikan asupan folat sebanyak 20%. Delapan buah stroberi mengandung 50 kalori dan tidak mengandung kolesterol yang setara dengan 7,5 persen kebutuhan asam folat harian untuk ibu hamil. Karena itu, pilihan menjadikan buah ini sebagai camilan adalah pilihan yang tepat.

Mengkonsumsi 1-2 pisang setiap hari, dapat memenuhi kebutuhan asam folat harian ibu hamil. Karena, dalam dua buah pisang terkandung 58 mikrogram asam folat yang berarti telah memenuhi sepertiga kebutuhan folat tubuh. Hati sapi mengandung vitamin A dan juga asam folat yang tinggi. Namun sayangnya, hati sapi ini tidak diajurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan.

Semoga bermanfaat ..


sumber: http://vibizlife.com/detail/family_health/pisang-sahabat-bagi-para-ibu-hamil

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda