Sabtu, 25 Desember 2010

Tips Menyusun Perencanaan Bulan Madu yang Menyenangkan

Bagi pasangan pengantin baru bulan madu alias honeymoon juga perlu direncanakan dengan baik seperti halnya pesta perkawinan. Bulan madu yang menyenangkan akan memberikan kenangan indah yang indah dan tak terlupakan bagi anda dan pasangan. Berikut beberapa tips menyusun perencanaan bulan madu yang menyenangkan.

  • Atur budget
Hal ini sangatlah penting, mengapa? Karena dalam merencanakan suatu perjalanan bulan madu dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi jika budget tidak diatur dengan baik. Pilihlah Paket-paket bulan madu yang sesuai dengan budget anda. Satu hal yang harus anda catat dengan baik yaitu budget murah belum tentu tidak baik sebab ada banyak pilihan paket murah yang bisa anda dapatkan untuk merencanakan bulan madu yang romantis tanpa harus mengeluarkan “kocek” yang cukup banyak.

  • Tentukan Tujuan Bulan Madu
Setelah anda menentukan berapa budget yang harus anda keluarkan, mungkin langkah selanjutnya adalah menentukan tempat tujuan Bulan madu anda. Apakah di dalam negeri(Indonesia banyak tujuan bulan madu yang bagus2 lho) atau di Luar negeri. Pilihlah tempat tujuan wisata dimana anda dan pasangan bisa benar-benar melewatkan waktu berdua dan menikmati waktu tanpa adanya gangguan dari berbagai pihak sehingga bulan madu menjadi momen yang benar2 tak terlupakan bagi anda dan pasangan. Ada baiknya juga kalau anda meng-konsultasikan dengan kerabat maupun keluarga dalam pemilihan tempat tujuan bulan madu. Anda juga dapat searching di internet dimana saja tempat2 favorit bulan madu.

  • Memilih paket bulan madu
Langkah berikutnya adalah memilih paket bulan madu yang sesuai dengan anda dan pasangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih paket bulan madu:

1. Pilihlah paket bulan madu yang banyak reviewnya, maksudnya adalah supaya kita mengetahui seberapa bagus servis yang diberikan oleh suatu agent, semakin banyak review maka semakin banyak masukan buat kita.
2. Komparasikan paket2 serupa dengan beberapa agent agar kita mendapatkan penawaran yang terbaik.
3. Perhatikan servis2 apa saja yang bisa anda dapatkan, ada tidaknya hidden cost (biaya tersembunyi).
4. Mintalah detil paket tersebut. Untuk berapa lama, hotel apa, program2nya apa aja, dll.
5. Kalau bisa paket2 tersebut anda bicarakan lagi dengan pasangan untuk hasil yang lebih baik, kalau uda mantap baru dech order.
  • Merencanakan sendiri
Itu tadi jika anda dan pasangan ingin cara instan. Jika anda ingin tantangan lebih anda mungkin bisa mencoba cara ini yaitu merencanakan segala sesuatunya sendiri mulai dari pilih hotel, pesawat, dinner, tempat tujuan wisata, program hari pertama, kedua dst. Cara ini akan memakan banyak waktu tetapi dengan cara ini anda akan merasakan sensasi tersendiri. Seperti yang pernah saya (Surya Ongko) rasakan dalam merencanakan suatu liburan (bukan bulan madu) sangat capek dan melelahkan tapi puas hahaha.
Ada beberapa hal yang harus anda catat:
(1) dalam pemesanan hotel, komparasikan agen yang satu dengan agen yang lain, ada kalanya kita mendapatkan harga yang lebih murah dengan fasilitas yang sama, jangan lupa untuk mencetak voucher yang diberikan dan dibawa pada waktu check in, catat nama hotel , alamat, dan nomor kontak hotel. berikut ada beberapa agen yang saya rekomendasikan disini.
(2) pemilihan penerbangan. Jika anda bepergian menggunakan pesawat, pilihlah waktu penerbangan yang cocok untuk anda dan pasangan, persiapkan kemungkinan delay jika anda menggunakan connecting flight hal ini sangat penting, catat juga nomor kontak agen tersebut sebab sewaktu-waktu dibutuhkan. Pengalaman saya suatu bepergian ke Negara tirai bambu / china, pada waktu di Beijing saya bingung ketika supir taxi menanyakan terminal yang mana, disana ada 3 terminal yang saling berjauhan jaraknya. Dan voucher saya tidak mencantumkan terminal apa terpaksa saya harus meng-kontak agen tersebut untuk mendapatkan data yang pasti.
(3) persiapkan jarak waktu antara check out hotel dan waktu penerbangan. Ada kalanya anda harus aware dangan ini agar tidak ketinggalan pesawat. Berapa jauh jarak hotel ke airport dan berapa waktu yang dibutuhkan di airport mulai check in dan security check.
(4) dalam menggunakan taxi, gunakanlah taxi resmi (bukan taxi liar) dan catatlah nomor mobil dan lisensi driver untuk mencegah hal2 yang tidak dinginkan. Ada baiknya anda mencatat nomor2 penting seperti polisi, ambulance, dubes, informasi, dll.

Semoga bermanfaat ...

1 komentar:

Yudhia juice mengatakan...

agan-agan kalo mau kebali hubungi saya ya,atau kunjungi blog saya: http://tourculinaryexplorer.blogspot.com/2011/02/obyek-wisata-balibali-tour-destination.html
Makasi :)

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda