Kamis, 16 Desember 2010

Buah yang Perlu Segera Disimpan di Kulkas

Untuk memastikan buah-buahan yang Anda beli tidak sia-sia, Anda perlu memperhatikan buah yang Anda beli. Kunci untuk mempertahankan cita rasa buah adalah penyimpanan yang tepat. Ikuti petunjuk praktis di bawah ini, dan Anda akan menikmati buah yang segar setiap saat.


1. Biarkan buah matang pada suhu ruangan, lalu masukkan ke kulkas
Beberapa jenis buah, seperti aprikot, alpukat, pisang, blewah, melon, jambu, kiwi, mangga, pepaya, markisa, persik, pir, nanas, dan belimbing, akan makin matang atau melunak setelah dipetik dari pohonnya. Terlalu cepat memasukkannya ke dalam lemari es akan menyebabkan buah-buahan ini kehilangan cita rasanya. Simpan buah-buahan ini dengan suhu ruangan sampai benar-benar matang, baru setelah itu simpan ke lemari pendingin.

2. Dinginkan segera setelah dibeli
Beda jenis buahnya, beda pula penanganannya. Jenis buah beri seperti blackberry, blueberry, ceri, anggur, raspberry, strawberry, ara, dan lengkeng, tidak akan matang lagi setelah dipetik. Menyimpan buah-buahan ini pada suhu kamar hanya akan mempercepat pembusukannya. Jadi, langsung simpan di lemari es begitu Anda membelinya. 

3. Simpan pada suhu ruangan, atau dinginkan segera
Apel, lemon, anggur, semangka, dan jeruk, tidak akan matang lebih jauh setelah Anda petik. Buah-buahan ini akan bertahan lama jika Anda segera menyimpannya dalam lemari es. Namun tak ada salahnya juga meninggalkan buah-buahan tersebut di suhu kamar untuk sementara waktu. Misalnya bila Anda dan keluarga akan segera menghabiskannya.

Semoga bermanfaat ...

sumber: Kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda