Kamis, 16 Desember 2010

Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Kebugaran

Makin banyak masyarakat yang mulai memahami akan pentingnya olahraga. Namun, tentunya untuk mendapatkan hasil maksimal, asupan yang dikonsumsi setiap hari harus disesuaikan pula. Berikut adalah beberapa buah yang bisa Anda masukkan dalam menu keseharian Anda untuk mendapatkan hasil program latihan yang maksimal untuk tubuh Anda.

Alpukat
Meski kebanyakan wanita yang sedang berusaha untuk menurunkan berat tubuh akan menghindari buah yang satu ini, tetapi kenyataannya, buah ini justru baik untuk kekuatan otot dan persendian. Lemak tak jenuh dan berfungsi menurunkan kolesterol yang dikandung dalam buah ini bisa membantu tubuh Anda untuk jauh dari rasa sakit dan lebih kuat. Buktinya, para peneliti di University of Buffalo menemukan bahwa para wanita pelari yang mengkonsumsi kurang dari 20 persen lemak lebih berpotensi cidera ketimbang wanita yang mengkonsumsi lemak setidaknya 31 persen. Profesor Peter J. Horvath, Ph.D., yang terlibat dalam penelitian tersebut berspekulasi bahwa masalah yang terkandung dalam hal ini berkutat pada masalah konsumsi lemak. Berkurangnya asupan lemak, makin berkurang pula kekuatan pada otot dan persendian. Beberapa iris alpukat per hari merupakan cara yang baik untuk memberi asupan lemak pada tubuh wanita yang takut akan lemak.

Pisang
Sering merasa otot kram? Bisa jadi karena Anda kekurangan potasium. Potasium memiliki peran penting dalam mengganti keringat yang hilang, dan membantu penyerapan cairan dalam tubuh. Potasium dimiliki oleh pisang dalam jumlah yang sangat tinggi. Pisang juga memiliki karbohidrat berenergi. Satu buah pisang dengan ukuran sedang memiliki kurang lebih 400 mg potasium dan karbohidrat sekitar 29 gr (setara dengan dua tangkup roti gandum).

Jeruk
Buah yang tak mengenal musim ini sangat kaya akan vitamin C. Seperti kita ketahui, vitamin C bisa membantu memberikan energi tambahan, plus mampu memperbaiki jaringan otot yang rusak, dan merupakan kunci untuk membuat kolagen (jaringan dalam tubuh yang membantu memperbaiki kondisi kulit, serta membuat tulang kuat). Satu buah jeruk yang bagus sudah cukup.

Semoga bermanfaat ....


sumber: Kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda