Sabtu, 27 November 2010

Tips Pintar Berbelanja di Hari Natal dan Tahun Baru

Mendapat barang berkualitas dengan harga murah, siapa yang tidak akan tergiur? Sayangnya, bukan hanya kita yang tertarik dengan iming-iming harga diskon, tapi jutaan orang. Sehingga tak heran jika di akhir bulan Desember, mall dan department store akan disesaki dengan kerumunan pembeli yang ingin berakhir tahun dengan baju, rok atau celana baru.

Alhasil, kita pun tidak punya cukup waktu untuk memilih dan menyeleksi barang yang ingin dibeli. Pilihan barang pun tidak terlalu banyak, karena habis terjual. Belum lagi kita juga harus 'berebut' dengan pembeli lainnya. Diskon juga bisa membuat orang panik, sehingga terkadang banyak barang yang tidak terlalu penting, justru terbeli. Akhirnya, bukan berhemat, kita justru lebih boros.

Diskon memang menggiurkan, tapi sebaiknya perhitungkan dulu, apakah barang-barang tersebut berguna untuk kita? Apakah sesuai dengan budget, dan apakah barang yang kita beli masih dalam kondisi baik? Berikut tips pintar berbelanja di akhir tahun!


1. Belanja lebih awal
Jangan tunggu ada diskon, jika budget kita memang mencukupi, segera siapkan daftar belanjaan, atau jika Anda ingin memberi kado Natal, tulis nama-nama keluarga atau teman dalam daftar dan mulailah belanja. Dengan berbelanja lebih awal, Anda akan lebih leluasa memilih dan pasti mendapatkan barang yang dimau.

2. Hindari membeli barang yang tidak perlu
Membuat daftar belanja sangat penting, hal ini perlu dilakukan untuk menghindari pengeluaran di luar budget. Saat Anda melihat barang dengan diskon tinggi, jika barang itu tidak ada dalam daftar, segera tinggalkan dan lanjutkan pencarian!

3. Belanja online
Jika Anda terlalu sibuk, coba manfaatkan fasilitas belanja online. Sekarang ada banyak situs atau toko online yang menawarkan ragam baju, celana, aksesoris, atau barang-barang lainnya. Tinggal pilih barang, transfer via ATM atau e-banking, barang yang dimau pun meluncur ke rumah Anda. Beberapa situs juga menawarkan ongkos kirim gratis untuk jumlah pembelian tertentu. Jadi Anda bisa hemat ongkos, makan dan bebas antri di kasir.

4. Bikin perencanaan budget
Godaan saat berbelanja di akhir tahun adalah, banyak brand atau ritel yang mengeluarkan produk-produk khusus dan menggoda. Karena itu, tentukan budget dan gunakan sebaik-baiknya, jangan sampai over budget.

Biasakan juga selalu menyimpan bon atau kwitansi pembelian. Anda tak pernah tau, apakah barang yang Anda beli benar-benar dalam kondisi baik atau tidak, dan apakah ukuran sepatu atau baju yang Anda belikan untuk adik, kakak atau kerabat sesuai ukuran. Bon yang Anda simpan akan berguna jika Anda ingin menukar barang yang cacat atau salah beli ukuran.

Semoga bermanfaat ...

sumber: http://www.demo.metrogaya.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda