Senin, 22 November 2010

Mengenal Berbagai Semboyan ala Militer

Setiap negara di dunia pasti mempunyai pasukan tentara yang siap mati membela negaranya, baik untuk mempertahankan tanah airnya, maupun untuk menyerang negara lain. Militer, begitulah kita biasa menyebut orang-orang itu. Kita pun sering menyimbolkan dunia kemiliteran dengan kemachoan, ketegasan, kedisiplinan dan hal-hal maskulin lainnya. Hal itu memang tak salah, karena dalam dunia kemilteran perkara-perkara yang menyangkut kekerasan, kesetiaan, dan keberanian mutlak harus dimiliki seorang prajurit. Maka tak ayal, seorang prajurit militer yang sejati mental rohaninya pun pasti akan jauh lebih kuat daripada fisiknya yang sudah terlihat kuat itu.


Dalam dunia militer, pun para prajurit-prajurit dibagi-bagi ke dalam setiap kesatuan. Setiap kesatuan memiliki level, tugas dan ciri khas masing-masing. Biasanya tiap kesatuan ini mempunyai baret dan kadang corak baju yang berbeda-beda. Mereka memiliki kebanggaan tersendiri terhadap kesatuannya masing-masing, karena untuk masuk ke dalam suatu kesatuan biasanya ada ujian terlebih dahulu. Ujian ini tingkat kesulitannya pun berbeda tergantung level kesatuannya.

Dan jika berbicara tentang kesatuan-kesatuan, ada satu hal yang menarik untuk kita lihat lebih dekat. Apakah itu? ternyata setiap kesatuan juga memiliki semboyannya masing-masing. Semboyan itu adalah juga kebanggan kesatuan sekaligus sebagai pedoman dan pembangkit semangat prajurit dalam menjalankan tugasnya. Berikut ini adalah beberapa semboyan tiap-tiap kesatuan militer negara-negara kita, Indonesia.

AD
Kopasus : Lebih baik pulang nyawa daripada gagal dalam Tugas
Den. Gultor 81 : Siap Setia Berani
AL
Korps Marinir : Bhumcaya Jalesu Jayamahe, di darat dan di laut kita jaya
Intai Amfibi : Maya Netra Yamadipati, dating senyap dan pergi senyap
Den. Jala Mengkara : Satya Wira Dharma
Kopaska:Tan Hana Wighna Tan Sirna, tak ada rintangan yang tak dapat dilalui
Pasrat Marinir : Mendarat dan Menang


AU
Korps Paskhas AU : Karmanye Vadikaraste Mavalesu Kadacana, laksanakan tugasmu tanpa menghitung untung rugi
Den. Bravo 90 : Catya Wihikan Awacyama Kapala, Setia, Terampil, Berhasil
Polri
Gegana : Setia Tabah Waspada
Korps Reserse POLRI : “Sidik Sakti Indra Waspada”

Semoga bermanfaat ...


Sumber: http://sehelaidaun.co.cc/menengok-semboyan-ala-militer.html 

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda