Selasa, 16 November 2010

Jenis Penyakit dan Olahraga yang Paling Cocok

"Semua orang dapat melakukan sesuatu dan olahraga tidak hanya memungkinkan orang untuk mengurangi rasa sakit tapi juga mengatasi keterbatasan fungsi tertentu," ujar Perry Fine, MD, anggota American Pain Foundation, seperti dikutip dari Health, Selasa (16/11/2010).

Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa membantu seseorang bergerak saat sedang sakit atau merasakan nyeri, yaitu:

Berjalan
Olahraga ini cocok untuk orang dengan sakit apa pun selama masih bisa bangun. Olahraga jalan ini dilakukan tergantung kekuatan fisiknya bisa jalan cepat, sedang atau pelan. Olahraga ini bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun agar otot-otot tulang tidak kaku setelah sakit dan membuat badan bugar lagi.

Berenang
Olahraga ini cocok untuk penderita gangguan sendi mulai dari osteoarthrittis, masalah musculoskeletas atau radang sendi lainnya. Hal ini karena saat di kolam seseorang menentang gravitasi, sehingga tidak ada goncangan yang berpotensi merusak sendi.

Yoga Pernapasan

Orang-orang dengan sakit kronis bisa melakukan yoga untuk meringankan rasa sakit kronis. Tapi sebaiknya dilakukan saat kondisi tubuh dalam keadaan baik dan tidak melakukan gerakan ekstrim untuk mencegah risiko cedera. Latihan pernapasan tertentu dan fokus pada bagian tubuh yang berbeda bisa memberikan manfaat lebih baik.

Tai chi

Olahraga ini dapat mengurangi rasa sakit, kekakuan, kelelahan pada pasien fibromyalgia serta membangun kekuatan, daya tahan dan keseimbangan. Seni bela diri dari China ini dapat dilakukan kaum muda maupun tua dengan menggabungkan kekuatan tubuh serta pikiran. Sebaiknya melakukan tai chi dua kali seminggu.

Pilates

Orang-orang dengan penyakit nyeri pinggang, nyeri punggung bisa melakukan olahraga ini untuk relaksasi atau melakukan peregangan. Tapi pilates membutuhkan beberapa instruksi, jadi lebih baik dilakukan dengan bimbingan guru atau trainer berpengalaman.

Peregangan sederhana

Jika Anda habis diopname atau menghabiskan banyak waktu di tempat tidur atau terlalu banyak duduk mulailah dengan olahraga peregangan. Kegiatan ini bisa dilakukan di kamar tidur, kursi kerja atau saat menunggu. Saat peregangan bagian tubuh akan bergerak dalam rangkaian tertentu dan hanya sedikit melawan gravitasi.

Latihan kekuatan dan beban ringan

Orang-orang yang menderita rheumatoid perlu melakukan latihan kekuatan di sekitar cedera karena bisa membantu mengurangi stres sendi. Untuk awalnya mulailah dengan angkat beban sekaleng sup, lalu meningkat dengan melakukan sit-up dan push-up di sekitar rumah.

Hubungan seks

Memulai lagi hubungan seks setelah mengalami sakit bisa menjadi obat yang menyembuhkan. Aktivitas seksual merupakan salah satu bagian dari bentuk latihan karena hubungan seks yang sehat bisa menjadi dua obat mujarab dalam mengatasi rasa sakit. Sebuah studi dari Stanford University menemukan pergolakan hubungan cinta bisa mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan.


Semoga bermanfaat ...


sumber: http://www.detikhealth.com/read/2010/11/16/074556/1495096/766/penyakit-dan-olahraga-yang-cocok

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda