Senin, 01 November 2010

3 Hal Terlarang dalam Penggunaan Helm


Buat agan-agan yang suka melakukan modifikasi, kutak-katik, atau .. apa pun lah namanya, sebaiknya perhatikan ke-3 hal ini sebelum melakukannya terhadap helm kesayanganmu!

1. Helm tidak boleh di cat ulang Menyesuaikan dengan gaya, helm bisa saja dengan mudahnya dicat ulang, misalnya di-airbrush. Tetapi, ini ternyata menyimpan potensi bahaya. "Pada dasarnya batok helm/outershell yang baik terbuat dari plastik ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene). Semacam biji plastik berwarna kuning keputihan dan cat helm sifatnya akan meresap 20% ke dalam pori-pori plastik tersebut. Hal positifnya, karena meresap itu lah cat tidak mudah pudar. Masalahnya jika langkah pengecetan dilakukan berulang. "Persentase bahan kimia yang meresap ke pori-pori akan semakin besa, sedang bahan cat bersifat dapat mengubah struktur plastik. Terutama membuat lebih getas. Maka tidak disarankan melakukan pengecetan ulang sendiri oleh biker."

2. Tidak boleh menganti sticker orisinil Helm

Penempelan sticker sesuai motif yang diinginkan jadi solusi terbaik, tetapi itu pun bukan tanpa resiko. Sticker adalah salah satu solusi, namun bila helm sudah memiliki sticker orisinil, biker tidak disarankan mengampelas helm itu untuk menghilangkan sticker orisinilnya. Karena ini juga akan merusak struktur outershell juga. Solusi : Lebih baik membeli helm tanpa motif (polos) kemudian diberi tambahan sticker sesuai keinginan dan kesukaan.

3. Penambahan Variasi pada Helm

Tak hanya pengecatan dan pengampelasan, biker kadang mengubah luar dengan menancapkan variasi tambahan. Agar helm tetap berfungsi dengan baik, pemasangan aksesori di outershell sebaikanya juga dihindari. Helm sebagai salah satu pelindung keselamatan vital, disarankan biker tidak mengubah struktur asli dari helm itu sendiri. Terutama, jangan melubangi sendiri batok ABS. Melubangi secara paksa akan merusak struktur molekul plastik helm dan menyebabkan helm tidak bisa melakukan fungsinya secara maksimal lagi.

Semoga bermanfaat ...

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda